Fungsi Bahasa Indonesia

Fungsi Bahasa Indonesia  dan  Peran Bahasa indonesia dalam pembangunan bangsa


  • Bahasa indonesia sebagai bahasa negara

Pada tahun 28 oktober 1928 bahasa indonesia lahir dan ditetapkan sebagai bahasa  nasional. Lalu pada 18 agustus 1945 bahasa indonesia ditetapkan sebagai bahasa Negara. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara yang berfungsi (1) bahasa resmi kenegaraan, (2) bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan, (3) bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, dan (4) bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.

 

  • Bahasa indonesia Sebagai bahasa persatuan

Berkaitan dengan fungsi bahasa persatuan, bahasa Indonesia merupakan kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Dengan bahasa Indonesia, bermacam macam suku bangsa, bahasa daerah, dan latar belakang budaya dapat bersatu dalam mengatasi perbedaan-perbedaan yang ada di Indonesia. Dalam hal ini, kehadiran bahasa Indonesia menjadi alat untuk membangun komunikasi antardaerah dan antarsuku yang berbeda latar belakang suku, budaya,dan bahasanya.

 

  • Bahasa indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan, taknologo dan budaya

Sebagai fungsi pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi, bahasa Indonesia menjadi alat penyebaran pengetahuan. Tanpa bahasa Indonesia, tentu penyebarluasan pengetahuan yang ada di Indonesia akan berjalan lambat. Dengan bahasa Indonesia penyebaran ilmu pengetahuan melalui buku-buku, majalah, surat kabar, baik cetak maupun elektronik akan dapat dengan cepat menjangkau luas ke pelosok tanah air Indonesia.

 

Fungsi Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional memiliki 4 fungsi: (1) Bahasa Indonesia sebagai Lambang Kebanggaan Nasional (2) Bahasa Indonesia sebagai Lambang Identitas Nasional, (3) Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Berbagai Suku Bangsa, (4) Bahasa Indonesia sebagai Alat Perhubungan Antardaerah dan Antarbudaya. Di dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai: (1) Bahasa resmi kenegaraan, (2) Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan, (3) Alat perhubungan di tingkat nasional untuk kepentingan, (4) Pembangunan dan pemerintahan, dan (5) Alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

 

Peran Bahasa dalam pembangunan bangsa

Peranan bahasa Indonesia dalam pembangunan Nasional sangat strategis, itu tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pembangunan nasional yang selama ini dilaksanakan oleh bangsa kita telah dilaksanakan dengan Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasinya. Baik di bidang pendidikan, penyuluhan, pelatihan, dokumen penting Negara, surat kenegaraan semuanya dikemas dalam bahasa Indonesia. Ringkasnya Bahasa Indonesia telah mampu berfungsi sebagai alat komunikasi dalam  pembangunan bangsa ini, sehingga tidak adanya terjadinya perpecahan hanya karena kesalahpahaman karena perbedaan bahasa.


Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Lebih baru Lebih lama