Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan antara pelatihan, pendidikan, dan pengembangan SDM

 

Perbedaan antara pelatihan, pendidikan, dan pengembangan SDM

ISTILAH

PERBEDAAN

Pendidikan

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang dilakukan manusia untuk mengembangkan potensi dirinya selama masa hidupnya mulai dari manusia itu dilahirkan sampai manusia itu mati.

Pelatihan

Istilah pelatihan biasanya dipakai untuk pegawai pelaksana dan pengawas. Pelatihan merupakan proses membantu tenaga kerja untuk memperoleh efektifitas dalam pekerjaan merekayang sekarang atau yang akan datang melalui pengembangan kebiasaan tentang pikiran, tindakan, kecakapan, pengetahuan dan sikap yang layak.

Pelatihan berhubungan dengan efektifitas pekerjaan individu tenaga kerja dan hubungan antara tenaga kerja yang dikembangkan merupakan program untuk memudahkan pencapaian tujuan perusahaan/lembaga. Pelatihan merupakan proses memberikan bantuan bagi para pekerja untuk menguasai keterampilan khusus atau membantu untuk memperbaiki kekurangannya dalam melaksanakan pekerjaan.

Pengembangan

Isitilah pengembangan biasanya dipakai untuk pegawai tingkat manajemen. Proses pengembangan terdiri dari tindakan memutuskan kompetensi, keterampilan atau pengetahuan yang perlu dikembangkan dan bagaimana mencapainya. Pengembangan bukan sekedar pelatihan, banyak kesempatan untuk melaksanakan pengembangan yang muncul dari pekerjaan itu sendiri. Pengembangan merupakan bagian dari proses pendidikan dan pelatihan, dimana melalui pendidikan dan pelatihan ini diharapkan pegawai mampu memiliki keterampilan yang lebih dibandingkan sebelumnya.

 


Posting Komentar untuk "Perbedaan antara pelatihan, pendidikan, dan pengembangan SDM"