Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamus Definisi Manajemen Pemasaran

 

Asas Dasar: sesuatu yang menjadi tumpuan seseorang dalam berpikir atau berpendapat.

Bauran promosi : Komunikasi pemasaran yang dikenal dengan istilah promotion mix.

Budaya organisasi: Karakteristik organisasi yang berupa norma perilaku dan nilai-nilai yang dipahami dan diterima oleh semua anggota organisasi dan digunakan sebagai dasar dalam aturan perilaku dalam organisasi tersebut.

Consumers behavior: Proses dan aktivitas seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Delegasi: Perwakian atau utusan dengan proses penunjukan secara langsung ataupun musyawarah untuk mengutus menjadi salah satu perwakilan satu kelompok atau lembaga.

Deskriminatif: Sikap, perilaku atau tindakan yang tidak adil atau tidak seimbang yang dilakukan oleeh individu atau kelompok lainnya.

Diskriminasi harga (price discrimination) : penetapan harga berbedabeda untuk pembeli yang berbeda-beda.

Earned media : Pers, konsumen, ataupun komunikasi dari mulut ke mulut.

e-business:  Bisnis yang dilakukan dengan menggunakan platform online internet.

e-commerce: Platform transaksi jual-beli barang/jasa secara digital yang tidak hanya menyebarkan informasi saja namun juga melibatkan transaksi pembayaran digital

e-marketing: Platform digital untuk menyebarkan informasi nilai dari barang atau jasa yang dijual.

Frekuensi : Jumlah kekerapan dalam satuan unit waktu.

Goal : Sasaran, tujuan.

Green consumers : Konsumen ramah lingkungan adalah prospek yang menarik untuk banyak produk dan pemasar telah mengeksplorasi penargetan mereka.

Habit : Segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan tanpa berpikir/ suatu tindakan yang dilakukan terus-menerus (kebiasaan).

Harga (price):  sejumlah uang yang diminta untuk suatu produk atau suatu jasa.

Harga bersama (price fixing) : Penetapan bersama harga di antara dua perusahaan atau lebih untuk suatu produk.

Harga predator (predatory pricing):  Penawaran harga produk dengan harga sangat rendah untuk mengusir pesaing.

Identifikasi : Kegiatan yang mencari, menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftarkan, mencatat data dan informasi.

Irasional: Pola pikir dan sikap yang tidak berdasarkan akal atau pikiran sehat.

Kepuasan pelanggan : Perasaan seseorang yang merasa senang atau kecewa setelah membandingkan antara persepsi terhadap kinerja produk dengan harapan-harapannya.

Kerja: Proses kegiatan melibatkan mental dan fisik yang dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan, mendapat imbalan berupa uang atau barang.

Komunikasi: Proses penyampaian (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak lain.

Konsumen:  Pelaku kegiatan konsumsi.

Konten : Informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik.

Kualitas : Keseluruhan fitur dan karakteristik dari produk atau jasa yang muncul karena kemampuan untuk memberikan kepuasan sesuai kebutuhan.

Loyalitas pelanggan: Perilaku yang ditunjukkan dengan pembelian berulang berdasarkan pengambilan keputusan

Marketing: Proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Minat: Perhatian yang mengandung unsur-unsur perasaan.

Model: Rencana, atau derkripsi yang menjelaskan sesuatu objek, sistem atau konsep berupa penyederhanaan atau idealisasi.

Nilai (value) : Rasio keuntungan yang dirasakan (perceived) dengan biaya lain yang harus dikeluarkan.

Nilai : Alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa “cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial”, elemen sesuatu dikatakan baik, benar atau diinginkan.

Organisasi: Kelompok orang dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan tertetu memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya.

Orientasi pasar : Bagaimana perusahaan berinteraksi dengan pelanggan dan juga menghadapi pesaing.

Owned media : Brosur perusahaan, website, blog, maupun media sosial. Paid media Iklan di TV, majalah, sponsor, poster, baliho, dan internet.

Pelanggan : Siapa saja yang membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan di mana pelanggan tidak hanya perorangan tetapi juga anggota organisasi bahkan juga masyarakat luas.

Pemasaran: Serangkaian aktivitas organisasi yang dimulai dari proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan serta mempertukarkan tawaran bernilai bagi pelanggan, klien, mitra dan masyarakat pada umumya.

Penawaran : Banyaknya barang atau hasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga pada periode tertentu.

Perhatian:  Proses konsentrasi pikiran atau aktivitas mental (attention)

Pikiran : Gagasan dan proses mental, meliputi manipulasi otak terhadap informasi seperti saat membentuk konsep, pemecahan masalah penalaran atau membuat keputusan (decision making).

Platform online :  Program dalam jaringan.

Positioning ; Proses di mana perusahaan menciptakan citra dan identitas yang berbeda untuk produk, layanan, dan mereknya di benak konsumen. Citra tersebut membedakan penawaran perusahaan dari persaingan dengan mengkomunikasikan kepada audiens target bahwa produk, layanan, atau merek memenuhi kebutuhan mereka lebih baik daripada alternatif.

Produk (product) : Segala sesuatu barang, jasa, orang, tempat, ide, informasi, dan/atau organisasi) yang bisa ditawarkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.

 

Promosi : Upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk/jasa dengan tujuan menarik pelanggan untuk membeli barang.

Rasional : Pola pikir seseorang yang bersikap dan bertindak sesuai dengan logika dan nalar manusia.

Segmentasi pasar : Proses membagi pasar menjadi sub kumpulan konsumen dengan kebutuhan atau karakteristik yang sama. Setiap subset (bagian dari kelompok yang lebih besar yang berkaitan dengan suatu hal tertentu) mewakili kelompok konsumen dengan kebutuhan bersama yang berbeda dari yang dimiliki oleh kelompok lain.

Startup : Perusahaan rintisan.

Strategi : Rencana aktifitas dengan sistematis objektifitasnya.

Utilitas (utility) : Atribut atau faktor yang berpotensi memuaskan kebutuhan dan keinginan tertentu.

Value proposition : Sejumlah kelebihan yang dapat memberikan kepuasan bagi konsumen yang memakai suatu produk tertentu.

 

Posting Komentar untuk "Kamus Definisi Manajemen Pemasaran"