Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FUNGSI MANAJEMEN PEMASARAN: Fungsi penyampaian produk (distributing), Fungsi jual-beli (trading), Fungsi penyediaan sarana (facilitating), Fungsi riset (research), Fungsi pemrosesan (processing)

FUNGSI MANAJEMEN PEMASARAN

Hal yang perlu kita perhatikan di dalam membanugn perusahaan untuk bias terus berkembang adalah dengan memahami pentingnya konsep manajemen pemasaran bisnis di terapkan karena mempunya fungsi yang vital bagi kelangsungan sebuah perusahaan.

 

Beberapa fungsi penting dari adanya manajemen pemasaran bisnis, antara lain:

  • Fungsi penyampaian produk (distributing)

Fungsi dari manajemen pemasaran ini sangat penting dengan tujuan supaya sebuah produk diketahui oleh masyarakat luas. Maka, masyarakat akan tertarik untuk membelinya. Dengan tidak adanya fungsi pertama ini, maka bagaimana masyarakat tahu mengenai produk bisnis tersebut.

  • Fungsi jual-beli (trading)

Fungsi manajemen yang kedua adalah hakikat dasar dari manajemen pemasaran guna bisa memberikan keuntungan dari proses jual-beli produk yang ia punya. Jual-beli tersebut adalah aktivitas dari adanya transaksi produk baik itu dalam bentuk barang ataupun jasa yang dilakukan oleh produsen dengan konsumen. Apabila benar-benar prinsip ini dapat diterapkan oleh manajemen pemasaran, maka hal ini akan memberikan manfaat untuk perusahaan dan juga konsumen.

  •  Fungsi penyediaan sarana (facilitating)

Fungsi ketiga adalah fungsi yang berkaitan dengan berbagai aspek untuk meraih kelancaran produksi. Aspek tersebut antara lain adalah aspek penggudangan, komunikasi, dan juga penyortiran produk supaya sesuai dengan standar.

  •  Fungsi riset (research)

Manajemen pemasaran pun harus mengadakan riset terhadap konsumen mengenai barang apa yang tengah diperlukan oleh konsumen. Sehingga, di dalam proses pemasarannya nanti akan dapat diterima dan laku di pasaran.

  • Fungsi pemrosesan (processing)

Fungsi pemrosesan adalah suatu proses pengubahan sebuah barang agar menjadi barang yang mempunyai nilai tambah. Sehingga, nantinya akan menambah nilai jual dari barang tersebut. 


Manajemen pemasaran bisnis tepat, konsumen terpikat. Jangan anggap remeh manajemen pemasaran. Tanpa manajemen pemasaran yang tepat, bisnis perusahaan akan hancur. Begitupun sebaliknya. Jika perusahaan ingin untung besar, maju pesat, dan melibas kompetitor, pakai manajemen pemasaran yang tepat.

Posting Komentar untuk "FUNGSI MANAJEMEN PEMASARAN: Fungsi penyampaian produk (distributing), Fungsi jual-beli (trading), Fungsi penyediaan sarana (facilitating), Fungsi riset (research), Fungsi pemrosesan (processing)"