Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

The Security Market Line

 

CAPM juga dapat diilustrasikan dalam bentuk grafik sebagai file garis pasar keamanan (SML). SML menunjukkan trade-off antara risiko dan hasil yang diharapkan sebagai garis lurus yang memotong sumbu vertikal (titik risiko nol) pada tingkat bebas risiko. Namun, ada dua perbedaan penting antara CML dan SML yaitu;

  • CML mengukur risiko total dengan deviasi standar investasi sementara SML hanya mempertimbangkan komponen sistematis volatilitas investasi.

  • Karena poin pertama, CML hanya dapat diterapkan pada kepemilikan portofolio yang sudah sepenuhnya terdiversifikasi, sedangkan SML dapat diterapkan pada aset individu atau kumpulan aset.

 

Untuk menentukan Tingkat Pengembalian yang Diharapkan untuk Aset Berisiko semua aset dan semua portofolio aset harus dipetakan di SML. Artinya, semua aset harus diberi harga  sedemikian rupa perkiraan tingkat pengembalian, yang merupakan tingkat pengembalian periode kepemilikan aktual yang diantisipasi, konsisten dengan tingkat risiko sistematisnya.

 

Setiap sekuritas dengan perkiraan tingkat pengembalian yang plot di atas SML akan dianggap undervalued karena ini menyiratkan bahwa Anda memperkirakan menerima tingkat pengembalian atas sekuritas yang berada di atas yg dibutuhkan tingkat pengembalian berdasarkan risiko sistematisnya. Sebaliknya, aset dengan perkiraan tingkat pengembalian yang plot di bawah SML akan dianggap dinilai terlalu tinggi. Posisi relatif terhadap SML ini menyiratkan bahwa perkiraan tingkat pengembalian Anda di bawah apa yang seharusnya Anda butuhkan berdasarkan risiko sistematis aset.