Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

The Capital Asset Pricing Model


Teori pasar modal merupakan sebuah teori yang menjelaskan tentang bagaimana investor harus berpikir tentang proses investasi. CML didasarkan pada asumsi bahwa investor hanya memegang portofolio yang sepenuhnya terdiversifikasi, dimana risiko total dan risiko sistematis adalah hal yang sama. Jadi, CML tidak dapat memberikan penjelasan untuk trade-off risk-return individu aset berisiko karena deviasi standar untuk sekuritas ini akan mengandung sejumlah besar risiko unik.

 

Capital Asset Pricing Model (CAPM) memperluas teori pasar modal dengan cara yang memungkinkan investor untuk mengevaluasi trade-off risiko-pengembalian untuk kedua portofolio yang terdiversifikasi dan sekuritas individu. Untuk melakukan ini, CAPM mendefinisikan ulang ukuran risiko yang relevan dari total volatilitas menjadi hanya bagian yang tidak dapat didiversifikasi dari total volatilitas tersebut (risiko sistematis).

 

Ukuran risiko baru ini disebut beta koefisien, dan menghitung tingkat risiko sistematis sekuritas dibandingkan dengan portofolio pasar. Menggunakan beta sebagai ukuran risiko yang relevan, CAPM kemudian mendefinisikan kembali premi risiko yang diharapkan per unit risiko dengan cara yang sepadan. Hal ini pada gilirannya mengarah sekali lagi ke ekspresi pengembalian yang diharapkan yang dapat diuraikan menjadi  tingkat bebas risiko, dan premi risiko yang diharapkan.

 


Posting Komentar untuk "The Capital Asset Pricing Model"