Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan akuntansi sektor publik dengan akuntansi sektor swasta ditinjau dari Aspek Elemen Akuntansi dan Aspek standar yang diterapkan

 

Perbedaan akuntansi sektor publik dengan akuntansi sektor swasta ditinjau dari:

  • Aspek Elemen Akuntansi. Akuntansi sektor publik berorientasi kepada pelayanan kepada masyarakat untuk mencapai kesejahteraan yang sebesar-besarnya sedangkan sektor swasta berorientasi kepada penghimpunan laba yang sebesar-besarnya. Dari sisi perencanaan dan penganggaran akuntansi sektor publik melakukan kegiatannya dengan dana yang tersediasedangkan akuntansi sektor swsta berorientasi untuk mencari dana atau anggaran untuk membiayai dan mengembangkan usahanya. Dari sektor audit, akuntasi sektor publik di audit atau diperiksa oleh SPI atau Satuan Pengendalian internal Pemerintah dan BPK sedangkan akuntansi sektor swasta diaudit oleh Auditor internal dan kantor akuntan pubik. Dari sisi pertanggungjawaban, akuntansi sektor publik bertanggungjawab kepada publik atau masyarakat sedangkan akuntansi sektor swasta bertanggungjawab kepada para pemegang saham.
  • Aspek standar yang diterapkan yaitu akuntansi sektor publik ditetapkan dengan peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2010 sedangkan akuntansi sektor swasta berpedoman kepada PSAK.

 

Posting Komentar untuk "Perbedaan akuntansi sektor publik dengan akuntansi sektor swasta ditinjau dari Aspek Elemen Akuntansi dan Aspek standar yang diterapkan"