Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran dari 7 elemen akuntansi sektor publik dalam pengelolaan sektor publik

 Peran dari 7 elemen akuntansi sektor publik dalam pengelolaan sektor publik adalah:

a.       Perencanaan Publik

Perancanaan publik berperan sebagai perumusan tujuan dan cara mencapai tujuan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada karena hakikat dan tujuan publik adalah kesejahteraan publik. Otomatis, tujuan perencanaan publik adalah perencanaan pencapaian kesejahteraan publik secara bertahap dan sistematis.


b.      Penganggaran Publik

Anggaran memberikan rencana detail atas pendapatan dan pengeluaran organisasi agar pembelanjaan yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik. Karena, tanpa anggaran, organisasi tidak dapat mengendalikan pemborosan pengeluaran. Bahkan, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa pengelola/pengguna anggaran dan manajer publik lainnya dapat dikendalikan melalui anggaran. Jadi penganggaran publik berperan dalam penentuan kebijakan-kebijakan terkait dengan anggaran yang telah diracanakan sebelumnya.


c.       Realisasi Penganggaran Publik

Realisasi penganggaran publik berperan sebagai kegiatan pengaktualisasian dari perencanaan anggaran dan penganggaran  yang telah direcanakan sebelumnya.


d.      Pengadaan barang dan jasa

Pengadaan barang dan jasa publik adalah proses, cara, serta tindakan dalam menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat atau publik. Barang dan jasa yang disediakan merupakan bentuk pelayanan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat.


e.       Pelaporan keuangan sektor publik

pelaporan keuangan sektor publik berperan sebagai penyajian atau pemaparan kegiatan yang telah dianggarkan dan dilaporkan dalam bentuk laporan keuangan. laporan keuangan menggambarkan pencapaian kinerja program dan kegiatan, kemajuan realisasi pencapaian target pendapatan, realisasi penyerapan belanja, serta realisasi pembiayaan.


f.       Auditing

Peran dari audit Sektor Publik adalah melakukan pemeriksanaan tentang barang dan jasa terkait kegiatan penganggaran yang telah dilakukan apakah sesuai dengan kewajaran dengan menyertakan opini berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan pada saat melakukan pemeriksanaan.


g.      Pertanggungjawaban publik

Peran dari pertanggungjawaban publik adalah memberikan kepercayaan kepada publik atau masyarakat terkait penganggaran yang dilaksanakan para pelaku pelaksana anggaran karena hal tersebut merupakan salah satu wujud tanggungjawab penggunaan anggaran.