Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hubungan unsur manajemen, administrasi dan kepemimpinan

Hubungan unsur manajemen, administrasi dan kepemimpinan dalam mengelola organisasi agar terciptanya keselarasan


Sebelum menjabarkan Hubungan dari ketiga unsur manajemen, administrasi dan kepemimpinan dalam mengelola organisasi terlebih dalu harus mengetahui definisi manajemen, administrasi, dan kepemimpinan.  Administrasi ialah proses penyelenggaraan  kerja  yang dilakukan bersama-sama  untuk  mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi, baik dalam pengertian luas maupun sempit di dalam penyelenggaraannya diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Manajemen adalah sebagai suatu proses dari serangakaian kegiatan yang diarahkan pada pencapaian tujuan dengan pemanfaatan semaksimal mungkin dari sumber-sumner yang serta manajemen sebagai fungsi. Kepemimpinan berperan untuk memimpin suatu kegiatan administrasi untuk mengarahkan, mendorong dan mengatur seluruh unsur-unsur di dalam kelompok atau organisasinya untuk mencapai suatu tujuan organisasi yang diinginkan sehingga menghasilkan kinerja pegawai yang maksimal.

 

Dari keempat pengertian administrasi, manajemen, organisasi dan kepemimpinan dapat diketahui bahwa administrasi merupakan proses, organisasi merupakan wadah, manajemen merupakan pelaksanaannya yang satu sama lainnya saling berhubungan dan saling berkaitan sehingga tujuan dapat tercapai, sedangkan kepemimpinan adalah proses mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Dengan demikian, administrasi terdiri dari organisasi dan manajemen, sedangkan inti manajemen adalah kepemimpinan. Oleh karena itu, kepemimpinan, manajemen, administrasi dan organisasi memiliki hubungan yang saling mendukung dalam sebuah lembaga pendidikan demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

Peran masing-masing dari ketiga unsur tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Peran manajemen yaitu mengkordinasikan  dan mengarahkan semua kegiatan  untuk mencapai suatu tujuan yang hendak dicapai dalam organisasi,
  • Peran administrasi yaitu proses kerja sama yang dilakukan oleh orang-orang dalam organisasi,
  • Peran kepemimpinan yaitu  mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan.

 

Posting Komentar untuk "Hubungan unsur manajemen, administrasi dan kepemimpinan"