Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah satu contoh penyakit birokrasi yang sulit diminimalisir di Indonesia

 Soal :

Sebutkan salah satu contoh penyakit birokrasi yang sulit diminimalisir di Indonesia! Jelaskan penyebab dan akibatnya!


Jawab:

Birokrasi adalah istilah yang mengacu pada organisasi yang kompleks dengan sistem dan proses berlapis-lapis. Sistem dan prosedur ini dirancang untuk menjaga keseragaman dan kontrol dalam suatu organisasi. Birokrasi menggambarkan metode yang ditetapkan dalam organisasi atau pemerintahan besar.


Pada dasarnya birokrasi di Indonesia memiliki banyak penyakit dan kekurangan, baik dari segi pelayanan maupun adanya pungli dalam pelayanan itu sendiri. Ada enam penyakit yang ada di birokrasi Indonesia:


Masih banyaknya pemerintah daerah yang memiliki persentase belanja operasional untuk kebutuhan internal pemerintah yang lebih besar dari belanja publik. Kondisi seperti ini sangat membatasi bagi pemerintah daerah untuk dapat memberikan pelayanan yang baik kepada publik. Akibatnya, pemerintah daerah hanya sibuk dengan urusan internal sehingga urusan pelayanan kepada publik terabaikan.


Tingkat korupsi yang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari adanya sejumlah kepala daerah yang ditangkap KPK melalui operasi tangkap tangan (OTT) akhir-akhir ini. Karena tersebut banyak anggaran anggaran daerah yang tidak jelas arahnya, dimana seharusnya tersebut dianggarkan untuk pembangunan tetapi malah masuk di rekeingn pribadi. Hal hal seperti ini terjadi karena keserakahan para pejabat birokrasi.


Inefektivitas dan inefisiensi dalam pengelolaan pembangunan. Banyak perencanaan pembangunan dilakukan secara serampangan, copy dan paste dari tahun-tahun sebelumnya, dan tidak fokus pada outcome yang ingin dicapai. Kegiatan yang sengaja diajukan hanya untuk memperoleh tambahan penghasilan atau memberikan keuntungan pribadi, diajukan dengan biaya yang jauh lebih besar dari harga pasar, dan lainnya. Akibatnya, banyak anggaran pembangunan yang digunakan tetapi tidak tepat sasaran dan boros.


Kualitas ASN masih belum optimal dalam mendukung kinerja pemerintah. dilihat dari sisi kualitasnya yang mayoritas adalah PNS golongan II ke bawah, dengan latar belakang pendidikan SMA ke bawah, maka tidak mudah untuk diandalkan menjadi birokrasi yang berkualitas


Kualitas pelayanan publik yang masih belum memenuhi harapan public. Pelayanan publik yang buruk akan memberikan kesan bahwa pemerintah tidak memperhatikan kebutuhan masyarakat.

 

Referensi:

https://www.beritasatu.com/nasional/485766/ini-enam-penyakit-birokrasi-di-indonesia

https://www.merdeka.com/jabar/birokrasi-adalah-suatu-bentuk-sistem-organisasi-berikut-tujuan-dan-fungsinya-kln.html

 

Posting Komentar untuk "Salah satu contoh penyakit birokrasi yang sulit diminimalisir di Indonesia"