Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Kinerja Keuangan

 

Kinerja merupakan cerminan kemampuan suatu perusahaan dalam mengelola dan mengalokasikan sumber dayanya. Kinerja keuangan merupakan gambaran pencapaian keberhasilan dari berbagai macam aktivitas yang telah dilakukan oleh suatu perusahaan. Fahmi (2012) menjelaskan bahwa, kinerja keuangan adalah suatu analisis yang dilakukan untuk melihat sejauh mana suatu perusahaan telah melaksanakan dengan aturan – aturan pelaksanaan secara baik dan benar.

Menurut Juminang (2006:239), kinerja keuangan adalah gambaran kondisi keuangan tertentu baik menyangkut aspek penghimpunan dana maupun penyaluran dana, yang biasanya diukur dengan indikator kecukupan modal, likuiditas, dan profitabilitas. Pendapat Sutrisno (2009:53), kinerja keuangan perusahaan merupakan prestasi yang dicapai perusahaan dalam suatu periode tertentu yang mencerminkan tingkat kesehatan perusahaan tersebut. Kinerja keuangan sangat berkaitan dengan pengukuran dan penilaian kinerja dalam suatu perusahaan. Pengukuran kinerja adalah kualifikasi dan efektivitas, serta efisiensi perusahaan dalam pengoperasiannya di setiap periode.

Adapun penilaian kinerja menurut Srimindarti (2006:34) yaitu, penentuan efektivitas operasional, organisasi, dan karyawan berdasarkan sasaran, standar dan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya secara periodik. Analisis kinerja keuangan merupakan proses dalam pengkajian terhadap review data, menghitung, mengukur, menginterprestasikan data, dan memberi solusi terhadap perusahaan secara kritis pada periode tertentu.

Penilaian dan pengukuran kinerja keuangan digunakan untuk menilai sehat atau tidak sehatnya suatu perusahaan dan melakukan perbaikan dalam kegiatan operasionalnya agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Menurut Munawir (2011:50), pengukuran kinerja keuangan adalah kemampuan dari suatu perusahaan dalam menggunakan modal yangdimiliki secara efektif dan efisien. Tujuan pengukuran kinerja keuangan perusahaan yaitu mengetahui tingkat likuiditas, rentabilitas, solvabilitas,dan stabilitas. Bagi investor, informasi kinerja keuangan suatu perusahaan dapat digunakan untuk melihat apakah mereka akan mempertahankan investasinya atau mencari alternatif lain. Kondisi kinerja keuangan perusahaan baik, maka tingkat kesehatan perusahaan baik pula dan nilai usaha akan tinggi. Nilai usaha yang tinggi akan menarik investor untuk menanamkan modalnya, sehingga akan terjadi kenaikan harga saham.