Pengertian Positioning dan Definisi Positioning Menurut Para Ahli

 Positioning Secara Umum

Secara umum Positioning dapat didefinikan sebagai tindakan perusahaan dalam melakukan perancangan produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga, konsumen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya.

Positioning Menurut Para Ahli

  • Kotler dan Keller (2016)

Menurut Kotler dan Keller (2016), Positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan agar mendapatkan tempat khusus dalam pikiran pasar sasaran. Tujuan dari positioning adalah untuk menempatkan merek dalam pikiran konsumen guna memaksimalkan manfaat potensial bagi perusahaan.

  • Cravens dan Piercy (2013)

Cravens dan Piercy (2013) menjelaskan bahwa strategi positioning lebih seperti strategi bisnis, dan tujuannya adalah untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggan. Strategi ini terdiri dari semua pergerakan dan pendekatan yang diambil oleh perusahaan untuk menarik pembeli, menahan tekanan persaingan, dan memperbaiki posisinya di pasar. Strategi positioning berusaha untuk memposisikan brand di mata dan pikiran pembeli, dan membedakan produk dari pesaing (Cravens & Piercy, 2013). Hasil dari positioning adalah terciptanya suatu proposisi nilai yang terfokus pada pelanggan, yang merupakan alasan kuat mengapa pasar sasaran harus membeli suatu produk.

  • Hasan (2008)

Pegertian Positioning Menurut Hasan (2008), positioning adalah penempatan sebuah merek di bagian pasar di mana merek tersebut akan mendapatkan sambutan positif dibandingkan dengan produk-produk saingannya. Menurut Kolter dan Armstrong (2008), penempatan atau positioning adalah tindakan merancang produk, dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu di ingatan konsumen.

  • Soegoto (2009)

Soegoto (2009) mengemukakan bahwa positioning adalah cara membangun citra atau identitas di benak konsumen untuk produk, merek, atau lembaga tertentu dengan membangun persepsi relatif suatu produk terhadap produk lain.

  • Tjiptono (2015),

Menurut Tjiptono (2015), positioning adalah strategi yang berusaha menciptakan diferensiasi yang unik dalam benk pelanggan sasaran, sehingga terbentuk citra (image) merek atau produk yang lebih superior dibandingkan merek produk pesaing.

  • Daryanto (2011)

Sedangkan menurut Daryanto (2011), positioning (posisi produk) adalah cara produk ditetapkan oleh konsumen berdasarkan beberapa atribut penting (tempat yang diduduki produk dalam ingatan konsumen dalam hubungan dengan produk pesaing).

  • Abdurrahman (2015

Menurut Abdurrahman (2015), positioning adalah cara produk didiferenkan oleh konsumen berdasarkan atribut penting, tempat produk berada dalam pikiran konsumen dibandingkan dengan produk pesaing

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Positioning dan Definisi Positioning Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel