Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen dan Definisi Menurut para ahli

 

Pengendalian manajemen adalah suatu proses yang menjamin bahwa sumber-sumber diperoleh dan digunakan dengan efektif dan efisien dalam rangka pencapaian tujuan organisasi., dengan kata lain pengendalian manajemen dapat diartikan sebagai proses untuk menjamin bahwa sumber manusia, fisik dan teknologi dialokasikan agar mencapai tujuan organisasi secara menyeluruh. Pengendalian manajemen berhubungan dengan arah kegiatan manajemen sesuai dengan garis besar pedoman yang sudah ditentukan dalam proses perencanaan strategi.

Sistem pengendalian manajemen adalah kesatuan pemikiran dari metode akuntansi manajemen untuk mengumpulkan dan melaporkan data serta mengevaluasi kinerja perusahaan. Suatu sistem pengendalian manajemen berusaha untuk mengarahkan berbagai macam usaha yang dilaksanakan oleh semua subunit organisasi agar mengarah pada tujuan organisasi dan tujuan para manajernya.

Ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang definisi system pengendalian manajemen yaitu:

·         Anthhony dan Reece

Sistem pengendalian manajemen memiliki fungsi pengendalian terhadap aktivitas dalam suatu organisasi yang di upayakan agar sesuai dengan strategi organisasi untuk mencapai tujuannya.

·         Suadi

Suadi mendefinisikan system pengendalian manajemen sebagai sebuah system yang terdiri dari beberapa sub system yang saling berkaitan, seperti pemograman, penganggaran, akuntasi,pelaporan dan pertanggungjawaban untuk membantu manajemen mempengaruhi orang lain dalam sebuah perusahaan, agar mau mencapai tujuan perusahaan melalui strategi tertentu secara efektif dan efisien.

·         Edy Sukarno

Sistem pengendalian manajemen adalah suatu sistem terintegrasi antara proses, strategi, pemrograman, penganggaran, akuntansi, pertanggungjawaban, yang hakikatnya untuk membantu orang dalam menjalankan organisasi atau perusahaan agar hasilnya optimal.

 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen dan Definisi Menurut para ahli"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel