Akuntansi Pertanggungjawaban dan jenis jenis pusat pertanggungjawaban

 

Akuntansi Pertanggungjawaban


Akuntansi pertanggungjawaban adalah suatu sistem akuntansi yang disusun sedemikian rupa sehingga pengumpulan dan pelaporan biaya dan pendapatan dilakukan sesuai pusat pertanggungjawaban dalam organisasi, dengan tujuan agar dapat ditunjuk orang atau kelompok orang yang bertanggungjawab atas penyimpangan biaya dan pendapatan yang dianggarkan. Akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu sistem akuntansi yang disusun berdasarkan suatu struktur organisasi secara tegas memisahkan tugas, wewenang dan tanggungjawab dari masing-masing tingkat manajemen.


Akuntansi pertanggungjawaban dapat mendorong para individu, teutama para manajer untuk berperan aktif dalam mencapai tuuan perusahaan secara efektif dan  efisien. Penyusunan anggaran dalam akuntansi pertanggungjawaban adalah berdasarkan unit kerja atau pusat pertanggungjawaban. Dari laporan pertanggungjawaban tersebut maka dapat diketahui perbandingan yang terjadi antara realisasi dengan anggarannya, sehingga setiap penyimpangan yang terjadi dapat dianalisis dan dicari penyelesaiannya dengan manajer masing-masimg pusat pertanggungjawaban. Akuntansi pusat pertanggungjawaban dapat melaporkan hasil evaluasi dan penilaian kinerja yang berguna bagi setiap puncak pimpinan dalam penyusunan rencana kerja untuk periode yang akan datang, baik untuk masing-masing pusat pertanggungjawaban maupun untuk kepentingan perusahaan secara menyeluruh.

 

Akuntansi pertanggungjawaban menyediakan informasi mengenai masukan dan keluaran. Akuntansi mengukur masukan dalam ukuran biaya. Keluaran suatu pusat pertanggungjawaban dapat dijual kepada pihak luar atau sebagai masukan pusat pertanggungjawaban yang lain, keluaran tersebut dapat berupa barang dan jasa. Jika keluaran sebuah pusat pertanggungjawaban dijual ke pihak luar maka keluaran tersebut dapat diukur dalam ukuran pendapatan penjualan. Akan tetapi, jika keluaran digunakan sebagai masukan pusat pertanggungjawaban lainnya maka akan sulit menentukan keluaran ukuran tersebut, keadaan ini mendorong digunakan teknik penentuan harga transfer (transfer pricing).

 Pusat-pusat pertanggungjawaban dapat digolongkan menjadi empat jenis,yaitu

1.      Pusat biaya (cost center)

Adalah pusat pertanggungjawaban dimana manajer mempunyai tanggung jawab terhadap masukan atau biaya pada unit organisasi yang dipimpin, oleh karena itu prestasi manajer tersebut diukur atas dasar masukan atau biayanya. Pusat biaya dikelompokan menjadi dua, yaitu:

  • Pusat biaya enjineri, adalah pusat biaya yang sebagian besar biayanya mempunyai hubungan yang proposional atau mempunyai hubungan phisik yang eksplisit dengan keluaran
  • Pusat biaya diskresionari, adalah pusat biaya yang sebagian besar biayanya tidak mempunyai hubungan yang proposional atau tidak mempunyai hubungan yang erat dengan keluarannya.

2.      Pusat pendapatan

Adalah pusat pertanggungjawaban dimana manajer mempunyai tanggungj awab utama untuk memperoleh pendapatan penjualan (keluaran), oleh karena itu prestasi manajer tersebut diukur atas dasar satuan moneter pendapatannya.

3.      Pusat laba (profit center)

Adalah pusat pertanggungjawaban dimana manajer mempunyai tanggung jawab terhadap biaya (masukan) dan pendapatan (keluaran) unit organisasi yang dipimpin, oleh karena itu prestasi manajer tersebut diukur berdasarkan laba yang dihasilkan. Laba suatu pusat laba dihitung sebesar pendapatan (keluaran) dikurangi biayanya (masukan).

4.      Pusat investasi (investment center)

Adalah pusat pertanggungjawaban dimana manajer mempunyai wewenang atau kemampuan untuk mengendalikan laba dan investasi pada unit organisasi yang dipimpin, oleh karena prestasi manajer tersebut diukur berdasarkan laba dan investasi. Biasanya ukuran prestasi pusat investasi dinyatakan dalam ukuran ROI atau residual income.

 

  • Contoh Pusat Pendapatan dan Pusat Beban

·         Contoh biaya Pusat Pendapatan

Contoh pusat pendapatan adalah bagian pemasaran. Contoh biaya yang sulit untuk dihubungkan dengan pendapatan adalah biaya penelitian pemasaran, pengumpulan informasi tentang pesaing, iklan dan hubungan masyarakat

·         Contoh biaya pusan Beban

Contoh pusat biaya yaitu bagian produksi. Disamping bertanggung jawab atas kualitas keluaran produk, bagian produksi juga bertanggung jawab atas biaya produksi.

 

 

Belum ada Komentar untuk "Akuntansi Pertanggungjawaban dan jenis jenis pusat pertanggungjawaban"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel