Pengertian Rasio Keuangan dan Jenis jenis laporan Keuangan

 Pengertian Rasio Keuangan

Menurut (Kasmir 2019) rasio keuangan merupakan kegiatan membandingkan angka-angka yang ada dalam laporan keuangan dengan cara membagi satu angka dengan angka lainnya. perbandingan dapat dilakukan antara satu komponen dengan komponen dalam satu laporan keuangan atau antar komponen yang ada dianatara laporan keuangan. kemudian angka yang diperbandingkan dapat berupa angka-angka dalam satu periode maupun beberapa periode. Menurut (Sutrisno 2009) rasio keuangan adalah menghubungkan elemen-elemen yang ada di laporan keuangan. Menurut (Harahap 2015) rasio keuangan adalah angka yang diperoleh dari hasil perbandingan satu pos laporan keuangan dengan pos lainnya yang mempunyai hubungan yang relevan dan signifikan.

Berdasarkan ketiga pendapat ahli di atas mengenai pengertian rasio keuangan, maka menurut peneliti sendiri rasio keuangan merupakan suatu alat analisis yang digunakan untuk menilai kinerja suatu perusahaan dengan membandingan akun-akun yang ada da;am laporan keuangan dari periode satu dengan  periode lainnya.

Jenis-Jenis Rasio Keuangan

Untuk melakukan analisis terhadap laporan keuangan perusahaan dengan menggunakan rasio keuangan dapat dilakukan dengan beberapa jenis rasio keuangan. Setiap rasio keuangan memiliki tujuan, kegunaan dan arti tertentu, karena perbedaan tujuan dan harapan yang ingin dicapai tersebut maka analisis rasio keuangan juga beragam. Menurut (Kasmir 2019) analisis rasio keuangan dapat dibagi menjadi enam jenis yaitu:

1)      Rasio Likuiditas (Liquidity Ratio)

Rasio Likuiditas merupakan rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangk pendeknya yang segera jatuh tempo.

2)      Rasio Leverage (Leverage Ratio)

Rasio Leveragea merupakan ratio yang menggambarkan ke.mampuan perusahaan dalam memenuhi seluruh kewajibannya

3)      Rasio Aktivitas (Activity Ratio)

Ratio aktivitas adalah rasio yang digunakan untuk mengukur tingkat efesiensi atas pemanfaatan sumber daya yang dimiliki perusahaan atau untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menjalankan aktivitas sehari hari.

4)      Rasio Profitabilitas (Profitability Ratio)

Rasio Profitabilitas merupakan rasio yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba

5)      Rasio Pertumbuhan (Growth Ratio)

Rasio pertumbuhan atau growth ratio adalah sebuah rasio yang menunjukkan persentase pertumbuhan dari waktu ke waktu.

6)      Rasio Penilaian (Valuation Ratio)

Rasio Penilaian (Valuation Ratio) merupakan tolak ukur yang mengkaitkan hubungan antara harga pasar saham biasa dengan pendapatan perusahaan dengan nilai buku saham tersebut

 

 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Rasio Keuangan dan Jenis jenis laporan Keuangan"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel