Harga Saham : Pengertian Harga saham, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, teori Harga saham

 Harga Saham

Menurut (Tandelilin, 2010) harga saham merupakan cerminan dari kinerja suatu perusahaan. Pada periode yang singkat, harga suatu saham bisa sangat berfluktuatif. Maka akhir periode penutupan harga saham merupakan acuan yang tepat dalam membandingkan atau menganalisis suatu penelitian. Harga saham merupakan cerminan dari ekspektasi investor terhadap faktor-faktor earning, aliran kas, dan tingkat return yang disyaratkan investor, yang mana ketiga faktor tersebut juga sangat di pengaruhi oleh kondisi ekonomi makro suatu negara serta kondisi ekonomi global.

Apabila bursa efek telah tutup, maka  harga  pasar  adalah  harga  penutupannya  (Closing  price).  Jadi  harga  pasar inilah  yang  menyatakan  naik  turunnya  suatu  saham.  Harga  pasar  ini  merupakan harga jual dari investor yang satu dengan investor yang lain, dan disebut sebagai harga di pasar sekunder. Harga pasar inilah yang menyatakan naik-turunnya suatu saham  dan  setiap hari diumumkan di surat-surat kabar atau di media-media lainnya.

Harga satu saham yang diperdagangkan di pasaran adalah harga pasar dari saham yang bersangkutan. Sedangkan bila seluruh saham yang dikeluarkan akan diberi harga (dinilai), maka disebut nilai pasar. Untuk mendapatkan jumlah nilai pasar  (market  value)  suatu  saham  yaitu  dengan  mengalikan  harga  pasar  dengan jumlah saham yang dikeluarkan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

(Usman 1990) menyatakan bahwa, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap harga saham dapat dibagi menjadi tiga, yaitu :

1.      Faktor yang bersifat fundamental

Faktor yang memberikan informasi tentang kinerja perusahaan dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhinya. Faktor ini meliputi:

a.       Kemampuan manajemen dalam mengelola kegiatan operasional perusahaan

b.      Prospek bisnis perusahaan di masa datang

c.       Prospek pemasaran dari bisnis yang dilakukan

d.      Perkembangan teknologi yang digunakan dalam kegiatan operasi perusahaan

e.       Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan


2.      Faktor yang bersifat teknis

Faktor teknis menyajikan informasi yang menggambarkan pasaran suatu efek baik secara individu maupun secara kelompok. Para analis teknis dalam menilai harga saham banyak memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

a.       Perkembangan kurs

b.      Keadaan pasar modal

c.       Volume dan frekuensi transaksi suku bunga

d.      Kekuatan pasar modal dalam mempengaruhi harga saham perusahaan.

3.      Faktor sosial dan politik

a.       Tingkat inflasi yang terjadi

b.      Kebijaksanaan moneter yang dilakukan oleh pemerintah

c.       Kondisi perekonomian

d.      Keadaan politik suatu negara

Teori Mengenai Harga Saham

·         Efficientcy Market Hypothesis

(Fama, 1970)  pertama kali menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan efficientcy market hypothesis adalah suatu kondisi dimana harga sekuritas secara penuh merefleksikan informasi yang tersedia. Sebuah pasar dikatakan efisien jika reaksi dari harga pasar terhadap informasi baru sangat cepat dan tidak bias. Informasi secara cepat dan efisien terefleksikan kedalam harga sekuritas pada setiap titik waktu, sehingga informasi yang lama tidak bisa digunakan untuk meramalkan harga sekuritas tersebut pada masa yang akan datang.

 

Belum ada Komentar untuk "Harga Saham : Pengertian Harga saham, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, teori Harga saham"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel