REVIEW JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN

 

Jurnal Pendukung

Judul              : Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan lokasi untuk Produk Keputusan Pembelian pada Nitchi Pada PT. Jaya Swarasa Agung di Central Jakarta

Penulis            : Baruna Hadi Brata, Shilvana Husani , Ali Hapzi Ali  Dosen Mercu Buana Universitas, Jakarta Indonesia.

 

ABSTRAK:

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian nitchi produk di PT Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat baik secara parsial maupun simultan. Penelitian parametic statistik ini mengadopsi metode yang menggunakan regresi linier berganda dimana data diolah oleh program SPSS. ukuran sampel adalah 115 pembeli produk nitchi di Supermarket Rezeki sebagai responden. Instrumen yang digunakan dalam bentuk kuesioner terstruktur dengan skala Likert digunakan untuk mengumpulkan data yang terdiri dari 23 pertanyaan disusun berdasarkan indikator dan dimensi yang berasal dari masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi dalam mempengaruhi keputusan pembelian, baik secara parsial maupun secara simultan.

Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Keputusan Pembelian.

PENGANTAR

Kualitas produk merupakan faktor untuk mendukung keputusan pembelian. Suasana kompetisi dan meningkatnya permintaan konsumen menyebabkan banyak perusahaan yang ingin mewujudkan keinginannya untuk menghasilkan kualitas produk yang berkualitas yang dapat bersaing di pasar. Sebuah perusahaan harus mampu melakukan berbagai upaya dan strategi untuk menguasai posisi pasar, dan berusaha untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas atau mutu produk. Masyarakat menawarkan kombinasi produk dan harga bervariasi. Produsen berlomba-lomba menawarkan harga yang kompetitif, konsumen bebas memilih sesuai dengan kebutuhan dan daya beli. Satu hal yang mutlak pelanggan inginkan adalah untuk membeli barang-barang dengan kualitas terbaik dengan harga terendah. Ini adalah tantangan besar bagi perusahaan. Namun untuk menghasilkan produk yang berkualitas dipengaruhi oleh beberapa faktor yang akhirnya menentukan tingkat harga. Selain itu salah satu faktor yang paling penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan kegiatan promosi tentang cara untuk memperkenalkan, menginformasikan atau mempromosikan produk mereka, sehingga konsumen akan memilih jenis barang dan jasa, karena tidak peduli seberapa baik kualitas produk , harga mungkin terjangkau bagi konsumen, dan pengiriman tepat waktu dari produk kepada konsumen, semua ini bukan jaminan keberhasilan produk di pasar, di mana perusahaan belum membuat proses penyampaian pesan dan informasi tentang keberadaan produk serta memperkenalkan kepada konsumen dari barang yang diproduksi dalam yang tepat, jelas, dan berkesinambungan.

 

REVIEW LITERATUR DAN HIPOTESIS

Pemasaran di sebuah perusahaan memegang peranan yang sangat penting, di mana pemasaran adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup pemasaran perusahaan.Secara publik termasuk aktivitas - aktivitas yang sangat luas seperti kegiatan penjualan, riset pemasaran, perencanaan saluran distribusi, perencanaan kebijakan harga , promosi kebijakan, dll Pemasaran juga merupakan kegiatan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Kualitas produk adalah kemampuan suatu produk untuk melakukan fungsinya. Kemampuan termasuk daya tahan, kehandalan, akurasi yang dihasilkan, mudah dioperasikan, dan perbaikan dan atribut berharga lainnya untuk semua produk .

Harga adalah salah satu keberhasilan kritis dari perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan akan diperoleh perusahaan dari penjualan produknya dalam bentuk barang atau jasa. Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan menurun, namun jika harga terlalu rendah akan mengurangi manfaat yang bisa diperoleh oleh organisasi. Menurut Adisaputro "harga produk merupakan salah satu unsur dalam bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan penjualan, sedangkan unsur lain dari bauran yang menghasilkan biaya".

Lokasinya adalah kesibukan oleh perusahaan untuk mendistribusikan produk-produknya kepada konsumen yang ditargetkan akan tersedia, dan bahwa tempat dan waktu yang tepat untuk keputusan tentang lokasi sulit untuk diubah dan untuk penyesuaian membutuhkan waktu yang lama.

Menurut Swastha dan Handoko berpendapat bahwa "proses keputusan pembelian dalam pembelian nyata, apakah akan membeli atau tidak." Menurut Kotler dan Keller menunjukkan keputusan pembelian konsumen adalah tahap dimana konsumen ini juga memungkinkan untuk membentuk niat untuk membeli produk yang paling disukai, di mana keputusan konsumen untuk memodifikasi, menunda, atau menghindari sangat dipengaruhi oleh risiko yang dirasakan.

 

 

KERANGKA

Pemasaran adalah serangkaian proses dari perencanaan dengan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, dan distribusi sejumlah ide serta barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang dapat memuaskan tujuan individu dan organisasi. manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan utama perusahaan.

Berdasarkan uraian teoritis dan kerangka teoritis. Selanjutnya hipotesis penelitian yang diajukan sebagai jawaban sementara terhadap masalah penelitian sebagai berikut:

H1: Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian

H2: Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian

H3: Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian

H4: Pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian

H5: Pengaruh The kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi secara bersamaan pada keputusan pembelian.

 

METODE

Desain penelitian atau juga dikenal sebagai desain penelitian adalah kerangka atau cetak biru untuk melaksanakan proyek riset pemasaran. desain penelitian merinci detail dari prosedur yang diperlukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk membangun dan atau memecahkan masalah riset pemasaran [10]. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis meliputi, studi pustaka, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. PT. Swarasa Jaya Agung memiliki supermarket sendiri adalah Supermarket Rezeki. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan rezeki supermarket yang membeli produk Nitchi Mei-September 2016. Jika rata-rata harian dari 500 pengunjung yang datang ke Supermarket Rezeki, maka dapat diasumsikan jumlah dari 75.000 pengunjung Supermarket pengunjung rezeki. Hasil ini diperoleh dari 500 pengunjung x 5 bulan (dari bulan Mei sampai September 2015) x 30 hari.

HASIL

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:

Berdasarkan analisis di atas tabel 2 menunjukkan deskripsi dari lima variabel yang diteliti nilai rata-rata dari jawaban responden yang tertinggi untuk variabel promosi di 4,08 ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan respon yang baik karena dalam rentang setuju dan sangat setuju. Nilai rata-rata dari pertanyaan-pertanyaan tentang lokasi variabel 4,07. Rata-rata kelas dari pertanyaan tentang variabel keputusan pembelian sebesar 4,06. Nilai rata-rata dari pertanyaan-pertanyaan mengenai harga variabel 3,92. Nilai rata-rata dari pertanyaan tentang variabel kualitas produk sebesar 3,89.

 

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, dapat disimpulkan sebagai berikut:

• Kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk nitchi di PT Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat. nilai korelasi atau tingkat hubungan positif yang kuat. Hal ini menunjukkan semakin baik kualitas produk, hal itu akan meningkatkan pembelian keputusan menjadi lebih baik. pengaruh ditunjukkan dengan dimensi bentuk dengan dimensi keputusan pembelian.

• Harga pengaruh terhadap keputusan pembelian produk Nitchi di PT. Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat. Ini menunjukkan semakin banyak diskon, itu akan meningkatkan pembelian keputusan menjadi lebih baik. pengaruh ditunjukkan dengan dimensi kesesuaian harga dengan dimensi perilaku pasca pembelian.

 • Promosi mempengaruhi keputusan untuk membeli produk nitchi di PT Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat. Nilai korelasi atau tingkat tinggi hubungan yang positif. Hal ini menunjukkan promosi yang lebih baik dan lebih berat dilakukan, itu akan memperbaiki keputusan pembelian menjadi lebih baik. Pengaruh ini ditunjukkan dengan dimensi public relations dengan dimensi evaluasi alternatif.

• Promosi pengaruh pada keputusan pembelian nitchi produk di PT. Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat. nilai korelasi atau tingkat tinggi korelasi positif. Hal ini menunjukkan lokasi yang lebih baik untuk produk pengantar, itu akan meningkatkan keputusan pembelian menjadi lebih baik. pengaruh ditunjukkan dengan dimensi lingkungan dengan dimensi keputusan pembelian.

• Kualitas produk, harga, promosi dan lokasi secara bersamaan mempengaruhi keputusan pembelian produk nitchi di PT Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat. Positif nilai koefisien korelasi dengan interpretasi yang kuat tingkat hubungan. Oleh karena itu, jika kualitas produk, harga, promosi dan lokasi yang lebih baik, itu akan dapat meningkatkan keputusan pembelian untuk menjadi lebih baik pula.

Saran Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dan kesimpulan yang telah dijelaskan sebelumnya, penulis mengajukan beberapa saran yang dapat digunakan sebagai masukan bagi PT Jaya Swarasa Agung di Jakarta Pusat diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dalam meningkatkan keputusan pembelian produk mereka dengan konsumen. Sebagai penulis mengajukan beberapa saran yang adalah sebagai berikut:

• Dari lima variabel yang diteliti, tampak bahwa promosi lebih dominan terhadap keputusan pembelian, karena itu pimpinan PT. Jaya Swarasa Agung dapat meninggkatkan Swarasa promosi kegiatan karena promosi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberikan informasi tentang produk atau layanan yang diberikan oleh produsen, yang dapat mengontrol dan mempengaruhi respon atau tanggapan dari konsumen dari produk tersebut sehingga konsumen dapat membedakan produk dari produk pesaing.

• Manajemen PT. Jaya Swarasa Agung dapat lebih meningkatkan kualitas produk karena kualitas produk adalah kemampuan suatu produk untuk memberikan hasil kinerja yang sesuai atau bahkan melebihi apa yang pelanggan keren. Peningkatan kualitas produk yang bentuk produk meliputi ukuran, bentuk, atau struktur fisik dari produk sehingga konsumen dapat menilai kualitas produk dan keputusan untuk membeli produk tersebut akan meningkat.

• Pemimpin PT. Jaya Swarasa Agung diharapkan untuk melakukan perbaikan pada dimensi persepsi kualitas. Itu kesan kualitas (perceived quality) merupakan hasil dari penggunaan pengukuran yang dilakukan secara tidak langsung karena ada kemungkinan bahwa konsumen tidak mengerti atau kurangnya informasi tentang produk prihatin. Informasi yang diterima oleh konsumen harus jelas sehingga kesan disampaikan bahwa kualitas dapat meninggkatkan keputusan pembelian produk.

Belum ada Komentar untuk "REVIEW JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel