google-site-verification: google736cbd8d4990f308.html

Manajemen Strategi - Analisis Pasar, Marketing Mix, dan Strategi Pemasaran PT Unilever

 

Daftar Isi

Kata Pengantar........................................................................................................ i

Daftar Isi.................................................................................................................. ii

Bab1 Pendahuluan

1.1  Latar Belakang................................................................................................... 1

1.2  Rumusan Masalah.............................................................................................. 1

1.3  Manfaat.............................................................................................................. 1

Bab II Tinjauan Pustaka

2.1 Pengertian Pasar Dan Pemasaran....................................................................... 2

Bab III Pembahasan

3.1 Visi, Misi dan Tujuan PT Unilever Indonesia Tbk............................................ 4

3.2 Analisis  Pasar PT. Unilever Indonesia Tbk....................................................... 5

3.3 Marketing Mix PT Unilever Tbk........................................................................ 6

3.4 Strategi Pemasaran PT Unilever Tbk................................................................. 7

Bab IV Penutup

4.1 Kesimpulan........................................................................................................ 8

4.2 Saran.................................................................................................................. 8

 

Daftar Pustaka

 

BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang

PT. Unilever Indonesia Tbk adalah Perusahaan multinasional yang memasarkan berbagai barang konsumen di berbagai negara untuk memenuhi kebutuhan akan nutrisi, kesehatan dan perawatan pribadi sehari-hari dengan produk-produk yang membuat para pemakainya merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan.

Di dalam menghadapi persaingan antar perusahaan, PT. Unilever Indonesia Tbk sudah menyiapkan strategi dan taktik dalam menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan. Mengingat banyaknya pesaing yang berkiprah di dunia internasional, maka sangat diperlukan adanya strategi yang sangat jitu dari perusahaan yang mampu mengangkat namanya di benak para konsumen di berbagai Negara. Dalam hal ini, kami akan menganalisis beberapa point penting dari PT. Unilever tentang strategi yang digunakan dalam segi aspek pemasaran.

 

1.2  Rumusan Masalah

Dalam Membahas Aspek pasar dan Pemasaran  PT unilever maka tidak terlepas dari  Segmentasi pasar, marketing mix dan analisis pasar. Dalam kaitannya dengan latar belakang diatas maka dapat di rumusakan masalah sebagai berikut.

1.    Visi dan misi dan Tujuan PT Unilever IndonesiaTbk.?

2.    Menjelaskan Analisis Pasar PT Unilever Indonesia Tbk?

3.    Bagaimana Strategi Marketing Mix PT Unilever Indonesia Tbk.

4.    Bagaimana Strategi Pasar PT Unilever?

 

1.3  Manfaat

Ada beberapa manfaat dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini yaitu:

1.    Mengetahui Visi dan misi dan Tujuan PT Unilever Indonesia Tbk.

2.    Mengetahui Analisis Pasar PT Unilever Indonesia Tbk

3.    Memahami Strategi Marketing Mix PT Unilever Indonesia Tbk

4.    Memahami Strategi Pemasaran PT Unilever

 

  


BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Pengertian Aspek Pasar dan Pemasaran

a)   Pasar

Salah seorang ahli pemasaran Stanton, mengemukakan pengertian yang  lain tentang pasar, yaitu merupakan kumpulan orang-orang  yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja, dan kemauan untuk  membelanjakannya. Jadi, ada tiga faktor utama yang menunjang terjadinya pasar, yaitu orang dengan segala keinginannya, daya belinya, serta  tingkah laku dalam pembelianya.

Pada pokoknya, pasar dapat dikelompokkan ke dalam empat golongan, yaitu:

1.    Pasar Konsumen

2.    Pasar industri

3.    Pasar Penjual

4.    Pasar pemerintah

Kasmir (2003) menyebutkan bahwa dalam aspek pasar dan pemasaran ini harus terlebih dahulu mengetahui peluang pasar dann analisis pesaing untuk menentukan kedudukan usaha yang akan dibuat, kemudian baru ditentukan strategi pemasaran.

b)     Pemasaran

Pengertian pemasaran seperti yang di kemukakan oleh Philip Kotler adalah suatu proses sosial dan menejerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.

Pemasaran dapat pula diartikan sebagai upaya untuk menciptakan dan menjual produk kepada berbagai pihak dengan maksud tertentu. Pemasaran berusaha menciptakan dan mempertukarkan produk baik barang maupun jasa kepada konsumen dipasar. Penciptaan produk tentu saja didasarkan kepada kebutuhan dan keinginan pasar. Dalam Menjalankan aktivitas pemasaran maka perusahaan harus meperhatikan yaitu:

1.    Pasar sasaran adalah sekelompok pembeli yang mempunyai sifatsifat yang sama yang membuat pasar itu berdiri sendiri. Adanya sekelompok orang dengan ciri-ciri yang sama belumlah berarti mereka membentuk pasar sasaran. Hanya bila mereka mempunyai ciri-ciri yang sama sebagai pembeli, maka barulah berarti mereka membentuk suatu pasar sasaran.

2.    Segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah proses dimana pasar dibagi menjadi para pelanggan yang terdiri atas orang-orang dengan berbagai kebutuhan dan karakteristik yang sama yang mengarahkan mereka untuk merespon tawaran produk atau jasa dan program pemasaran strategis tertentu dalam cara yang sama.

3.    Marketing Mix. Kotler dan Amstrong (2012 : 52) menjelaskan ada empat komponen yang tercakup dalam kegiatan bauran pemasaran (marketing mix) yang terkenal dengan sebutan 4P diantaranya sebagai berikut :

·         Produk merupakan kombinasi penawaran barang dan jasa perusahaan kepada pasar, yang mencakup antara lain kualitas, rancangan, bentuk, merek dan kemasan produk.

·        


 
Harga adalah sejumlah harga yang harus dibayar untuk produk atau jasa tertentu

·         Place adalah tempat strategis yang mendukung aktivitas pemasaran dan produksi.

·         Promosi adalah Aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya.

 

 

  



 
 


BAB III

PEMBAHASAN

2.1  Visi, Misi dan Tujuan PT Unilever Indonesia Tbk.

a.      Visi

Untuk meraih rasa cinta dan penghargaan dari Indonesia dengan menyentuh kehidupan setiap orang Indonesia setiap harinya.

b.      Misi   

·      Kami bekerja untuk menciptakan masa depan yang lebih baik setiap hari.

·      Kami membantu konsumen merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati hidup melalui brand dan layanan yang baik bagi mereka dan orang lain.

·      Kami menginspirasi masyarakat untuk melakukan langkah kecil setiap harinya yang bila digabungkan bisa mewujudkan perubahan besar bagi dunia.

·      Kami senantiasa mengembangkan cara baru dalam berbisnis yang memungkinkan kami tumbuh dua kali lipat sambal mengurangi dampak terhadap lingkungan, dan meningkatkan dampak sosial

c.       Tujuan

Tujuan Perusahaan kami menyatakan bahwa untuk bisa sukses perlu "standar perilaku perusahaan tertinggi terhadap siapa saja yang bekerja dengan kami, masyarakat yang terlibat dengan kami, dan lingkungan yang menerima dampak dari kami.

 

2.2 Analisis  Pasar PT. Unilever Indonesia Tbk

Analisis situasi pasar bisa disebut dengan lingkungan eksternal yang mempengaruhi produksi dari produk yang dikeluarkan oleh PT. Unilever Indonesia Tbk. Analisi situasi pasarnya seperti :

a)      Customer

Kita dapat melihat pengaruh selera masyarakat terhadap produk yang dihasilkan oleh PT. Unilever Indonesia Tbk. Produk Unilever sangat banyak dan diminati dikalangan Masyarakat.

b)     Distributor (Penyalur)

Melihat begitu pentingnya peranan distributor dalam penyebaran produk yang dihasilkannya, PT. Unilever Indonesia Tbk membentuk dan menjalin jaringan distribusi yang sangat baik (versi majalah Businessweek). Salah satu caranya, PT. Unilever Indonesia Tbk mengeluarkan program promosi bagi para distributor yang membuat display (tampilan) dari produk Unilever yang baik di tempatnya berdagang. Penjual yang membuat display yang baik terhadap produk Unilever akan diberikan hadiah berupa uang tunai. Penerapan dari hal ini dapat kita lihat dengan jelas dalam produk Sunsilk yang termasuk dalam produk yang dihasilkan PT. Unilever Indonesia Tbk.

c)      Unions (Kemitraan)

4

 
Pepsodent sebagai salah satu produk yang dikeluarkan oleh PT Unilever Indonesia Tbk, menjalin kerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia. Jalinan

4

 
kemitraan antara Pepsodent dengan PDGI memberikan pengaruh pada Pepsodent dalam hal kualitas produk dan kemasan produk. Dalam hal kualitas produk, PDGI memberi input kepada Pepsodent tentang karakteristik kualitas produk yang baik. Sedangkan dalam hal kemasan, PDGI bekerja sama dengan Pepsodent untuk mencantumkan himbauan sikat gigi teratur pada kemasan Pepsodent

d)     Competitors (Pesaing)

PT. Unilever Indonesia Tbk mengeluarkan sebuah produk sabun mandi yang khusus pada jenis sabun mandi kesehatan. Produk tersebut diberi nama Lifebuoy. Di pasar, tidak hanya PT. Unilever Indonesia Tbk saja yang menghasilkan produk sabun mandi kesehatan. Ada beberapa perusahaan yang bergerak pula dalam produk sabun mandi kesehatan seperti Nuvo dan Dettol. Karena persaingan dalam pasar itulah yang membuat PT. Unilever Indonesia Tbk dengan Lifebuoy-nya lebih memfokuskan produknya pada jenis konsumen yaitu keluarga dengan memproklamirkan Lifebuoy-nya sebagai sabun mandi kesehatan keluarga. Selain melirik keluarga sebagai target pemasaran produknya, PT. Unilever Indonesia Tbk juga mengeluarkan program sosial masyarakat yaitu “Kampanye Cuci Tangan dengan Sabun” yang sekaligus sebagai ajang promosi bagi Lifebuoy.

e)      Government (Pemerintahan)

PT. Unilever Indonesia Tbk melahirkan trashion sebagai bagian dari program ‘Green and Clean’. Di dalam program ini, PT. Unilever Indonesia Tbk melibatkan sekitar 344 ibu rumah tangga yang tergabung dalam Komunitas Ibu Bersinar Sunlight untuk berperan serta dalam pembuatan tas daur ulang darisampah plastik bekas kemasan produk yang lebih dikenal dengan trashion.Komunitas yang telah membentuk 35 sentra ini tersebar di beberapa kota yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar. Program ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang sejalan dengan Undang-undang no 18 tahun 2008 tentang pengelolaan Sampah yang mewajibkan pelaku usaha untuk bertanggungjawab dalam mengelola sampah yang berasal dari produk dan atau kemasan yang dibuat.

f)       Suppliers (pemasok)

Salah satu produk teh dari PT. Unilever Indonesia Tbk yaitu Sariwangi baru saja meluncurkan pruduk terbarunya yaitu Sariwangi Gold Selection. Produk ini adalah produk yang memenuhi keinginan para kalangan premium. Untuk  produk terbarunya itu, PT. Unilever Indonesia Tbk mencari supplier lain dimana pasokan bahan bakunya memiliki karakteristik yang sesuai dengan karakteristik  produk terbarunya tersebut. Karena itulah supplier dari produk Sariwangi regular berbeda dengan supplier dari produk Sariwangi Gold Selection. Kualitas supplier akan sangat berpengaruh pada kualitas produk tersebut. Sehingga PT. Unilever Indonesia Tbk sangat berhati-hati dalam pemilihan supplier.

 

3.3  Marketing Mix Pasar PT. Unilever Indonesia Tbk.

a.       Produk

Unilever adalah produsen merk-merk terkenal di seluruh dunia yang juga terkenal di tingkat regional dan lokal, antara lain Pepsodent, Lifebuoy, Lux, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Rinso, Molto, Ponds, Blue Band, Royco, Sariwangi, Bango, Taro dan masih banyak lagi. Posisi Unilever yang kuat sebagai pemimpin pasar telah diakui melalui berbagai penghargaan nasional dan regional yang diterima oleh perusahaan. PT. Unilever Indonesia, Tbk melalui brand-brand-nya kembali membuktikan keunggulannya dengan meraih peringkat dalam ”Packaging Consumer Branding Award 2005” yang diselenggarakan oleh Indonesia Brand Identity Summit (IBS) bekerjasama dengan majalah SWA dan MIX.

5

 

 
Segmentasi Produk PT. Unilever Indonesia Tbk seperti :

Home and Personal Care

a.    Home Fabric : Rinso dan Surf

b.    Fabric Conditioners : Molto

c.    Personal Wash : Lux, Dove dan Lifebuoy

d.    Household Care : Superpell, CIF, Wipol, Vixal dan Domestos Nomos

e.    Hair Care : Clear, Sunsilk, Lifebuoy dan Dove

f.     Oral Care : Pepsodent dan Close Up

g.    Mass Skin and Deodorant : Pond’s, Citra, Vaseline, Dove, Axe dan Rexona

Food and Beverages

a.    Spread and Cooking Product : BlueBand

b.    Cooking Aids : Royco dan Bango

c.    Beverages : Sariwangi, Lipton Ice Tea dan Buavita

d.    Ice Cream : Wall’s, Buavita dan Vienetta

b.      Price

Dalam memasarkan produknya PT unilever melakukan penetrasi harga yang produk yang murah dengan kualitas produk yang berkualitas. Dengan strategi pemasaran ini PT Unilever berhasil menguasai sebagian besar pangsa pasar kebutuhan rumah tangga di Indonesia.

c.       Promotion

Promosi merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mengkonsumsi manfaat produknya dan meyakinkan konsumen agar mau melakukan tindakan pembelian. Biasanya promosi yang dilakukan PT. Unilever Indonesia melalui pengiklan di televisi, event-event, dll.

Strategi promosi PT. Unilever Indonesia Tbk adalah sebagai berikut :

·      Periklanan →semua bentuk penyajian nonpersonal dan promosi ide, barang atau jasa yang dibayar oleh suatu sponsor tertentu.

·      Promosi Penjualan → Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.

·      Hubungan Masyarakat dan Publisitas → berbagai program untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya.

·      Penjualan Secara Pribadi → interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesan

·      Pemasaran Langsung → penggunaan surat, telepon, faksimili, e-mail, dan alat penghubung non personal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.

3.4 Strategi Bersaing PT Unilever

6

 
PT. Unilever Indonesia Tbk. adalah Perusahaan multinasional yang memasarkan berbagai barang konsumen untuk memenuhi kebutuhan akan nutrisi, kesehatan dan perawatan pribadi sehari-hari dengan produk-produk yang membuat para pemakainya merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan.

Ada beberapa cara jitu yang di lakukan perusahaan ini agar dapat tetap bersaing di tengah ketatnya pasar:

1.      Differensiasi Produk

Pada Differensiasi produk Unilever mempunyai strategi winning with brand and innovation, kuncinya adalah pengembangan produk baru dan tepat guna, terutama pada kategori hair, male grooming, home and personal, serta food and beverages di tahun lalu. Di samping factor keunikan produk, perusahaan yang memiliki keunggulan bersaing juga menerapkan strategi marketing mix yangmeliputi harga yang mampu bersaing, tempat atau lokasi strategis, dan promosi yang memadai.Simpulan yang dapat ditarik dari konsep keunggulan bersaing melalui diferensiasi produk adalah bagaimana perusahaan dapat menciptakan produk unik yang memberikan tingkat keuntungan diatas rata-rata yang mampu diraih oleh industri melalui kombinasi manusia, lingkungan, dan proses. Produk Unilever terus memperkenalkan kemasan-kemasan yang terbaru, tetapi Unilever tetap mempertahankan kualitas produknya. Baik itu kemasan yang botol kaca, sachet, botol kecil dan masih banyak lagi kemasannya.

2.      Kepemimpinan Harga Rendah

PT Unilever melakukan penetrasi harga yang cukup rendah namun produknya memiliki kualitas bagus, hal inilah yang membuat Unilever dengan mudah memasuki pangsa pasar yang ada diIndonesia

3.      Berfokus Pada Peluang Pasar

Produk Unilever menggunakan sistem informasi pelanggan yang berbeda dengan yang lain, produk masuk kedalam pasar dengan cara mempromosikan barang-barangnya dengan cara terjun langsung ke masyarakat dengan bukti-bukti kualitas secara real, misalnya dengan diadakannya perlombaan-perlombaan kepada masyarakat perbandingan antara produk Unilever dengan produk-produk pesaing lainnya.

4.      Menguatkan Keakraban dengan Pelanggan dan Pemasok

Menggunakan sistem informasi untuk memfasilitasi akses langsung dari pemasok terhadap jadwal produksi dan bahkan mengizinkan pemasok untuk memutuskan bagaimana dan kapan mengirim pasokan kepada pemasok. Selain itu Unilever juga melakukan tanya jawab konsumen dan membuat suara konsumen tempat para konsumen mengeluh dalam PT.Unilever Indonesia, promosi yang dilakukan paling banyak melalui media elektronik. Namun dalam kehidupan sehari-hari promosi yang dilakukan PT. Unilever Indonesia tidak hanya lewat media elektronik tetapi banyak juga melalui media cetak,sponsorship, mengadakan event-event.

 

 

 


 

BAB IV

PENUTUP

4.1              Kesimpulan

PT Unilever Tbk. Merupakan berusahaan besar yang sangat berpengaruh di internasional. Salah satu visi PT unilever di Indonesia adalah “Untuk meraih rasa cinta dan penghargaan dari Indonesia dengan menyentuh kehidupan setiap orang Indonesia setiap harinya”.  Dalam melakukan segmentasi pasar PT Unilever Berusaha menyentuh semua kalangan masyarakat dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

PT. Unilever Indonesia, Tbk melalui brand-brand-nya kembali membuktikan keunggulannya dengan meraih peringkat dalam ”Packaging Consumer Branding Award 2005” yang diselenggarakan oleh Indonesia Brand Identity Summit (IBS) bekerjasama dengan majalah SWA dan MIX.

4.2              Saran

Strategi aspek pasar dan pemasaran PT Unilever Tbk sangat bagus, hampir semua produk unilever menyentuh kehidupan masyarakat Indonesia. Dengan melakukan penetrasi harga yang murah namun berkualitas unilever berhasil menguasai pangsa pasar yang ada diindonesia. Dari strategi unilever ini kita dapat belajar strategi pemasaran yang baik.

 

 

 

 


Daftar Pustaka

Agus Suprapto. 2013. Analisis Aspek Pasar Dan Pemasaran Pendirian Industri Dodol Salak Skala Kecil Di Kabupaten Banjarnegara. Dosen Akademi Pertanian HKTI Banyumas (Vol. XV No. 1 Juni 2013 : 60 – 68)

AnnualReport.2018.https://www.idx.co.id/Portals/0/StaticData/ListedCompanies/Corporate_Actions/New_Info_JSX/Jenis_Informasi/01_Laporan_Keuangan/04_Annual%20Report//2018/UNVR/UNVR_Annual%20Report_2018_IND.pdf

Surmina.2018. https://rusminah23.wordpress.com/2016/04/26/aspek-pasar-dan-pemasaran/.

Mohamad Emir Wibowo , Dkk. 2018. Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi Kasus: PT Primafood Internasional ). Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (29-38)

Clarysha. 2018. http://claryshagraceya.blogspot.com/2017/11/aspek-pemasaran-pt-unilever-indonesia.html

Rizik.2018.https://www.academia.edu/13256946/Analisis_Lingkungan_Bisnis_PT._Unilever

Belum ada Komentar untuk "Manajemen Strategi - Analisis Pasar, Marketing Mix, dan Strategi Pemasaran PT Unilever"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel