google-site-verification=g0K1JbbQniujHA0zKBw8OsIVck78u9C4Ik9jSnUtiDY Pengertian Manajemen Operasional dan Pentingnya Mempelajari Manajemen Operasional - Calonmanejer.com

Pengertian Manajemen Operasional dan Pentingnya Mempelajari Manajemen Operasional


Pengertian Manajemen Operasional

Secara umum manajemen operasional adalah cabang ilmu manajemen yang bekaitan dengan ilmu atau seni perencanaan produksi, pengolahan atau tranformasi sumber daya dari output (bahan mentah) menjadi Input (Barang jadi), dan proses kegiatan pengontrolan kegiatan produksi sehingga berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan organisasi.

Pengertian Manajemen Operasional Menurut Para Ahli

  • Jay Heizer dan Barry Render

Menurut Jay Heizer dan Barry Render manajemen operasi adalah serangkaian aktivitas yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output.

  • William J.Stevenson dan Sum Chee Chuong  

Menurut William J.Stevenson dan Sum Chee Chuong  manajemen operasi definisi adalah manajemen dari bagian organisasi yang bertanggung jawab untuk menghasilkan barang dan atau jasa. Penciptaan barang atau jasa meliputi transformasi atau pengubahan input menjadi output. Berbagai input seperti modal, tenaga kerja, dan informasi digunakan untuk menciptakan barang atau jasa dengan menggunakan satu atau lebih proses transformasi.
  • Jay Heizer dan Barry Render

Jay Heizer dan Barry Render untuk menghasilkan barang dan jasa, semua jenis organisasi menjalankan tiga fungsi. Fungsi-fungsi ini merupakan hal penting, bukan hanya untuk proses produksi, tetapi juga demi kelangsungan hidup sebuah organisasi. Fungsi-fungsi ini adalah sebagai berikut.
1.    Pemasaran yang menghasilkan permintaan, paling tidak, menerima pemesanan untuk sebuah barang atau jasa (tidak aka nada aktivitas jika tidak ada penjualan).
2.    Produksi/operasi yang menghasilkan produk.
3.    Keuangan/akuntansi yang mengawasi sehat tidaknya sebuah organisasi, membayar tagihan dan mengumuplkan keuangan.

Baca Juga: Pengertian Peramalan dan Jenis Jenis Peramalan
Baca Juga: Jasa Pembuatan Tugas Makalah

Alasan Mempelajari Manajemen opersional

Pentingnya mempelajari MO (Manajemen Operasional) karena empat alasan berikut:
1. Manajemen Operasional adalah satu dari tiga fungsi utama dari setiap organisasi dan berhubungan secara utuh dengan semua fungsi bisnis lainnya. Semua organisasi memasarkan (menjual), membiayai (mencatat rugi laba), dan memproduksi (mengoperasikan), maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana aktivitas MO berjalan. Karena itu pula, kita mempelajari bagaimana orangorang mengorganisasikan diri mereka bagi perusahaan yang produktif.

2.    Kita mempelajari MO karena kita ingin mengetahui bagaimana barang dan jasa diproduksi.Fungsi produksi adalah bagian dari masyarakat yang menciptakan produk yang kita gunakan.

3. Kita mempelajari MO untuk memahami apa yang dikerjakan oleh manajer operasi. Dengan memahami apa saja yang dilakukan oleh manajer ini, kita dapat membangun keahlian yang dibutuhkan untuk dapat menjadi seorang manajer seperti itu. Hal ini akan membantu Anda untuk menjelajahi kesempatan kerja yang banyak dan menggiurkan di bidang MO.

4. Kita mempelajari MO karena bagian ini merupakan bagian yang paling banyak menghabiskan biaya dalam sebuah organisasi. Sebagian besar pengeluaran perusahaan digunakan untuk fungsi MO. Walaupun demikian, MO memberikan peluang untuk meningkatkan keuntungan dan pelayanan terhadap masyarakat.

0 Response to " Pengertian Manajemen Operasional dan Pentingnya Mempelajari Manajemen Operasional"

Post a comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel