lazy

Review Buku Bab 1 Operasi dan Produktivitas (Operating Management Sunsntainability and Suplay Chain Management, Jay Hayzer, Barry Render, Chuck Munson)





Judul Buku                : Operating Management Sunsntainability and Suplay Chain Management
Pengarang                  : Jay Hayzer, Barry Render, Chuck Munson
Tempat Terbit           : New York, USA
Tahun Terbit             :2017
Reviewer                    : Herwin Iswandi

BAB I

OPERASI DAN PRODUKTIVITAS


A. Mengapa Belajar OM?

MO adalah salah satu dari tiga fungsi utama organisasi mana pun, dan itu terkait secara integral semua fungsi bisnis lainnya. Semua organisasi memasarkan (menjual), keuangan (akun), dan menghasilkan (mengoperasikan), dan penting untuk mengetahui bagaimana fungsi OM berfungsi. Karena itu, kami mempelajari bagaimana orang mengatur diri mereka sendiri untuk usaha produktif .

Pentingnya Mempelajari MO

·      Kami mempelajari OM karena kami ingin tahu bagaimana barang dan jasa diproduksi . 
·      Produksi Fungsition adalah segmen masyarakat kita yang menciptakan produk dan layanan yang kita gunakan.
·      Kami mempelajari OM untuk memahami apa yang dilakukan manajer operasi . Terlepas dari pekerjaan Anda di sebuah organisasi, Anda dapat berkinerja lebih baik jika Anda memahami apa yang dilakukan manajer operasi
·      Selain itu, memahami OM akan membantu Anda menjelajahi banyak karier yang menggiurkan peluang di lapangan
·      Kami mempelajari OM karena merupakan bagian yang mahal dari suatu organisasi . Persentase besar dari pendapatan sebagian besar perusahaan dihabiskan dalam fungsi OM. Memang, OM menyediakan peluang besar untuk organisasi untuk meningkatkan profitabilitas dan meningkatkan layanannya kepada masyarakat.

Contoh 1 mempertimbangkan bagaimana perusahaan dapat meningkatkan profitabilitasnya melalui fungsi produksi.

B. Manajemen operasi
Manajemen operasi adalah kumpulan kegiatan yang menciptakan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output. Kegiatan menciptakan barang dan jasa berlangsung di semua organisasi.

C. Pengorganisasian untuk Memproduksi Barang dan Jasa

Untuk membuat barang dan jasa, semua organisasi melakukan tiga fungsi, diantaranya yaitu:
1. pemasaran
2. produksi atau operasi
3. keuangan atau akuntansi

D. Supply chain (rantai pasokan)
Melalui tiga fungsi — pemasaran, operasi, dan keuangan — nilai bagi pelanggan dibuat. 

Namun, perusahaan jarang menciptakan nilai ini sendiri. Sebaliknya, mereka bergantung pada varietas pemasok yang menyediakan segalanya, mulai dari bahan baku hingga layanan akuntansi. Pemasok ini Jika disatukan, dapat dianggap sebagai rantai pasokan. Sebuah rantai pasokan adalah jaringan global organisasi dan kegiatan yang memasok barang dan jasa kepada perusahaan.

E. Apa yang Dilakukan Manajer Operasi
Berikut ini 10 keputusan strategi manajemen operasional:
·      Desain barang dan jasa: Mendefinisikan banyak hal yang diperlukan untuk operasi dalam masing-masing keputusan OM lainnya. Misalnya, desain produk biasanya menentukan batas bawah biaya dan batas atas kualitas, serta implikasi utama bagi keberlanjutan dan sumber daya manusia yang dibutuhkan.
·      Mengelola kualitas: Menentukan harapan kualitas pelanggan dan menetapkan kebijakan dan prosedur untuk mengidentifikasi dan mencapai kualitas itu.
·      Strategi proses dan kapasitas: Menentukan bagaimana suatu barang atau jasa diproduksi (Yaitu, proses untuk produksi) dan melakukan manajemen untuk spesifik teknologi, kualitas, sumber daya manusia, dan investasi modal yang menentukan banyak struktur biaya dasar perusahaan.
·      Strategi lokasi: Memerlukan penilaian mengenai kedekatan dengan pelanggan, pemasok, dan bakat, sambil mempertimbangkan biaya, infrastruktur, logistik, dan pemerintah.
·      Strategi tata ruang: Membutuhkan mengintegrasikan kebutuhan kapasitas, level personel, teknologi, dan persyaratan persediaan untuk menentukan aliran efisien bahan, orang, dan informasi.
·      Sumber daya manusia dan desain pekerjaan: Menentukan cara merekrut, memotivasi, dan mempertahankan personel dengan bakat dan keterampilan yang dibutuhkan. Orang adalah integral dan bagian mahal dari desain total system
·      Manajemen rantai pasokan: Memutuskan bagaimana mengintegrasikan rantai pasokan ke dalam dari siapa, dan dalam kondisi apa.
·      Manajemen inventaris: Mempertimbangkan pemesanan inventaris dan pengambilan keputusan dan bagaimana mengoptimalkannya sebagai kepuasan pelanggan, kemampuan pemasok, dan jadwal produksi dipertimbangkan.
·      Penjadwalan: Menentukan dan mengimplementasikan jangka menengah dan pendek jadwal yang secara efektif dan efisien memanfaatkan personel dan fasilitas sementara memenuhi permintaan pelanggan.
·      Pemeliharaan: Membutuhkan keputusan yang mempertimbangkan kapasitas fasilitas, produksi tuntutan, dan personel yang diperlukan untuk mempertahankan proses yang andal.

F. Warisan manajemen operasi
Bidang manajemen operasi relatif muda, tetapi sejarahnya kaya dan menarik. Hidup kita dan Disiplin manajemen operasi telah ditingkatkan oleh inovasi dan kontribusi dari banyak individu

G. Operasi untuk barang dan Jasa
Kegiatan operasi untuk barang dan jasa seringkali sangat mirip. Contohnya, keduanya memiliki standar kualitas, dirancang dan diproduksi sesuai jadwal yang memenuhi permintaan pelanggan, dan di buat fasilitas dimana orang bekerja. perbedaan antara barang dan jasa tidak jelas Pada kenyataannya, hampir semua layanan dan hampir semua barang merupakan campuran dari layanan dan produk nyata. Bahkan layanan seperti konsultasi mungkin memerlukan laporan nyata. Demikian pula halnya denganpenjualan sebagian besar barang termasuk layanan. Misalnya, banyak produk memiliki komponen layanan pembiayaan dan pengiriman (misalnya, penjualan mobil). Banyak juga yang membutuhkan pelatihan dan pemeliharaan (mis. mesin fotokopi dan mesin kantor). Kegiatan "Layanan" juga dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagian dari produksi.

H. Tantangan produktifitas
Penciptaan barang dan jasa membutuhkan perubahan sumber daya menjadi barang dan jasa. Itu semakin efisien kita melakukan perubahan ini, kita semakin produktif dan semakin banyak nilai ditambahkan untuk barang atau layanan yang disediakan. Meningkatkan produktivitas berarti meningkatkan efisiensi. Peningkatan ini dapat dicapai dengan dua cara: mengurangi input sambil menjaga outputoutput konstan atau meningkat sambil menjaga input konstan. Keduanya merupakan perbaikan dalam produktivitas. Dalam arti ekonomi, input adalah tenaga kerja, modal, dan manajemen diintegrasikan ke dalam sistem produksi. Manajemen menciptakan sistem produksi ini, yang menyediakan konversi input ke output. Output adalah barang dan jasa, termasuk itu beragam item seperti senjata, mentega, pendidikan, sistem peradilan yang lebih baik, dan resor ski. Produksi adalah pembuatan barang dan jasa. Produksi tinggi mungkin hanya menyiratkan bahwa lebih banyak orang bekerja dan bahwa tingkat ketenagakerjaan tinggi (pengangguran rendah), tetapi tidak berarti tinggi produktivitas .

I. Pengukuran produktifitas
Seperti halnya ketika produktivitas diukur dengan jam kerja per ton dari jenis baja tertentu. Meskipun jam kerja adalah hal biasa ukuran input, ukuran lain seperti modal (dolar yang diinvestasikan), bahan (ton bijih), atau energi (kilowatt listrik) dapat digunakan.

J. Variabel Produktifitas
Produktifitas meningkat tergantung pada tiga variabel produktifitas, yaitu:
1. Tenaga kerja, yang memberikan kontribusi sekitar 10% dari kenaikan tahunan.
2. Modal, yang memberikan kontribusi sekitar 38% dari kenaikan tahunan.
3. Manajemen, yang memberikan kontribusi sekitar 52% dari peningkatan tahunan.

K. Tantangan saat ini dalam manajemen operasi
Manajer operasi bekerja di lingkungan yang menarik dan dinamis. Lingkungan ini adalah hasil dari berbagai kekuatan yang menantang, dari globalisasi perdagangan dunia hingga transfer ide, produk, dan uang dengan kecepatan elektronik.
Berikut ini adalah beberapa tantangan dalam manajemen operasi, yaitu:
·      Globalisasi:Manajer operasi dengan cepat mencari kreatif desain, produksi yang efisien, dan barang-barang berkualitas tinggi melalui kolaborasi internasional
·      Kemitraan rantai pasokan: Siklus hidup produk yang lebih pendek, pelanggan yang menuntut, dan perubahan yang cepat dalam teknologi, material, dan proses membutuhkan mitra rantai pasokan untuk s selarakebutuhan pengguna akhir.
·      Keberlanjutan: Pertempuran berkelanjutan manajer operasi untuk meningkatkan produktivitas adalah cerned dengan merancang produk dan proses yang berkelanjutan secara ekologis.
·      Pengembangan produk yang cepat: Teknologi dikombinasikan dengan komunikasi internasional yang cepat Kabar berita, hiburan, dan gaya hidup secara dramatis memotong masa hidup produk.
·      Kustomisasi massal OM harus cepat merespons dengan desain produk dan produksi yang fleksibel proses yang melayani keinginan individu konsumen. Tujuannya adalah untuk menghasilkan produk-produk tertentu, kapan saja dan di mana saja dibutuhkan
·      Operasi lean: Lean adalah model manajemen yang melanda dunia dan menyediakan standar yang dengannya manajer operasi harus bersaing. Lean dapat dianggap sebagai kekuatan pendorong dalam operasi yang dijalankan dengan baik, di mana pelanggan puas, karyawan puas dihormati, dan limbah tidak ada.

L. Etika, Tanggung Jawab Sosial, dan Keberlanjutan

Mengidentifikasi respons etis dan bertanggung jawab secara sosial sambil mengembangkan proses yang berkelanjutan sistem produktif yang efektif dan efisien juga tidak mudah. Manajer juga ditantang untuk:
·      Kembangkan dan hasilkan produk hijau yang aman dan berkualitas tinggi
·      Latih, pertahankan, dan memotivasi karyawan di tempat kerja yang aman
·      Hormati komitmen pemangku kepentingan

Kesimpulan
Operasi, pemasaran, dan keuangan / akuntansi adalah ketiganya fungsi dasar untuk semua organisasi. Fungsi operasi menciptakan barang dan jasa. Banyak kemajuan operasi manajemen tions telah dibuat pada abad kedua puluh, tetapi sejak awal waktu, manusia telah berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan materialnya. Manajer operasi adalah pemain kunci dalam pertempuran untuk meningkatkan produktivitas. Sebagai masyarakat menjadi semakin makmur, lebih banyak dari mereka sumber daya dikhususkan untuk layanan. Di AS, lebih dari 85% dari tenaga kerja dipekerjakan di sektor jasa. Peningkatan produktivitas dan lingkungan yang berkelanjutan sulit untuk dicapai, tetapi manajer operasi adalah kendaraan utama untuk melakukan perbaikan.



0 Response to "Review Buku Bab 1 Operasi dan Produktivitas (Operating Management Sunsntainability and Suplay Chain Management, Jay Hayzer, Barry Render, Chuck Munson)"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel