Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan Laporan Keuangan, Jenis Jenis Laporan Keuangan

Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan Laporan Keuangan, Jenis Jenis Laporan Keuangan

Pengertian Laporan Keuangan

Secara Umum Laporan dapat didefinisikan sebagai laporan yang menggambarkan kondisi keuangan perusahaan maupun instansi dalam periode tertentu yang sangat berfungsi dalam proses pengambilan keputusan.

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Ahli

  • Menurut PSAK (Pernyataan standar akuntansi keuangan)


PSAK (Pernyataan standar akuntansi keuangan) menyatakan bahwa laporan keuangan adalah suatu penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas.

  • Irham Fahmi 


Selain itu laporan keuangan menurut Irham Fahmi merupakan suatu informasi yang menggambarkan kondisi suatu perusahaan, dimana selanjutnya itu akan menjadi suatu informasi yang menggambarkan tentang kinerja suatu perusahaan.

  •  Menurut Veithzal Rivai, dkk 


Laporan keuangan adalah laporan periodik yang disusun menurut prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara umum tentang status keuangan dari individu, asosiasi, atau organisasi bisnis yang terdiri dari neraca, laporan laba-rugi, dan laporan perubahan ekuitas pemilik.

Laporan keuangan bank sama saja dengan laporan keuangan perusahaan. Neraca bank memperlihatkan gambaran posisi keuangan suatu bank pada saat tertentu. Laporan laba-rugi memperlihatkan hasil kegiatan attau operasional suatu bank selama satu periode tertenu. Laporan perubahan posisi keuangan memperlihatkan dari mana saja sumber dana bank dan kemana saja dana disalurkan. Selain dari ketiga komponen utama laporan keuangan di atas, juga harus disertakan catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan. Berbeda dengan perusahaan lainnya, bank diwajibkan menyertakan laporan komitmen dan kontinjensi, yaitu memberikan gambaran, baik yang bersifat tagihan, maupun kewajiban pada tanggal laporan. Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan adalah alat yang digunakan untuk memperoleh informasi yang menggambarkan kondisi keuangan suatu entitas.

Tujuan Laporan Keuangan
  • Menurut PSAK

Menurut PSAK menyatakan bahwa tujuan laporan keuangan adalah memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja dan arus kas entitas yang bermanfaat bagi sebagian besar kalangan pengguna laporan dalam pembuatan keputusan ekonomi
  • Mamduh M Hanafi dan Abdul Halim

Laporan keuangan memilki tujuan yaitu memberikan informasi yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan, memberikan informasi yang bermanfaat untuk memperkirakan aliran kas untuk pemakai eksternal, dan memberikan informasi yang bermanfaat untuk memperkirakan aliran kas perusahaan.

  • Irham Fahmi

menyatakan “tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi kepada pihak yang membutuhkan tentang kondisi suatu perusahaan dari sudut angka-angka dalam satuan moneter”. 

  • Veithzal Rivai, dkk

Tujuan laporan keuangan menurut Veithzal Rivai, dkk adalah
·      Memberikan informasi kas yang dapat dipercaya mengenai posisi keuangan perusahaan (termasuk bank) pada suatu saat tertentu 
·      Memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya mengenai hasil usaha perusahaan selama periode akuntansi tertentu 
·      Memberikan informasi yang dapat membantu pihak-pihak yang berkepentingan untuk menilai atau menginterpretasikan kondisi dan potensi suatu perusahaan. 
·      Memberikan informasi penting lainnya yang relevan dengan kebutuhan pihak-pihak yang berkepentingan dengan laporan keuangan yang bersangkutan.

Komponen Laporan Keuangan

  • Menurut Irham Fahmi

Menurut Irham Fahmi Komponen laporan keuangan terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.
  • Menurut PSAK

Menurut PSAK suatu laporan keuangan terdiri dari komponen komponen berikut ini:
1.         Laporan posisi keuangan
2.         Laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain selama periode.
3.         Laporan perubahan ekuitas selama periode.
4.         Laporan arus kas selama periode.
5.         Catatan atas laporan keuangan, berisi ringkasan kebijakan akuntansi yang signifikan dan informasi penjelasan lain.
6.         Informasi komparatif mengenai periode sebelumnya.

Jenis Laporan Keuangan Bank Menurut Taswan
Jenis laporan keuangan bank terdiri dari:
  • Laporan Keuangan Bulanan

Laporan bulanan bank umum yang disampaikan oleh bank kepada Bank Indonesia untuk posisi bulan januari sampai dengan Desember akan diumumkan pada home page Bank Indonesia.
  • Laporan Keuangan Triwulan

Laporan keuangan triwulan disusun antara lain untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja atau hasil usaha bank serta informasi keuangan lainnya kepada berbagai pihak yang berkepentingan dengan perkembangan usaha bank
  • Laporan Keuangan Tahunan

Laporan keuangan tahunan bank dimaksudkan untuk memberikan informasi berkala mengenai kondisi bank secara menyeluruh, termasuk perkembangan usaha dan kinerja bank. Seluruh informasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan transparansi kondisi keuangan bank kepada publik dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap lembaga perbankan.




0 Response to "Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan Laporan Keuangan, Jenis Jenis Laporan Keuangan"

Post a comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel