google-site-verification: google736cbd8d4990f308.html

Pengertian Perilaku organisasi secara Umum dan Menurut Para Ahli


Pengertian Perilaku organisasi secara Umum

Perilaku organisasi  adalah Suatu faktor yang mempengaruhi bagaimana orang sebagai individu maupun sebagai anggota kelompok berperilaku dalam organisasi serta pengaruhnya terhadap struktur dan sistem organisasi.

Pengertian Perilaku Organisasi Menurut Para Ahli

Robbins and Judge

Robbins and Judge Berpendapat bahwa perilaku organisasi adalah  sebagai suatu bidang studi yang menginvestigasi dampak individu, kelompok, maupun struktur pada perilaku dalam organisasi dengan maksud mengaplikasikan pengetahuan tersebut guna memperbaiki efektivitas organisasi..

Ratmawati dan Herachwati

Ada dua hal fokus perilaku organisasi yaitu tindakan (actions) dan sikap (attitudes) dari orang orang dalam organisasi .

Mereka mengemukakan bahwa Perilaku organisasi sebagai ilmu pengetahuan yang dipelajari guna menyelesaikan berbagai masalah perilaku manusia dalam organisasi, menawarkan tantangan untuk memahami berbagai kompleksitas organisasi. Hal ini sangat mendukung pemahaman bahwa banyak persoalan organisasi mempunyai berbagai sebab, sehingga pendekatan penyelesaian persoalan organisasi mengacu pada kondisi dan situasi manusia dalam organisasi yang bersangkutan.

George & Jones

George & Jones menyatakan perilaku organisasi adalah sebagai suatu studi tentang berbagai faktor yang mempengaruhi tindakan (act) individu dan kelompok dalam organisasi serta bagaimana organisasi mengelola lingkungannya.

Dalam hal ini George & Jones, sebagaimana juga Robbins and Judge (2013) maupun Gordon (2002), memberi gambaran bahwa studi tentang perilaku organisasi ini menyediakan serangkaian alat yaitu konsep-konsep dan teori-teori yang dapat membantu orang memahami, menganalisis, dan menjelaskan perilaku dalam organisasi

Kesimpulan:

Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa perilaku organisasi sangat fokus pada “Human Side of Management” sehingga pendekatan bidang ini dalam manajemen adalah pendekatan keperilakuan (Behavioral approach to management). Pengetahuan yang diperoleh dengan mempelajari perilaku organisasi ini dapat membantu manajer mengidentifikasi problem, menentukan bagaimana cara koreksinya, dan mengetahui bahwa perubahanperubahan akan membuat suatu perbedaan, yakni dengan mengunakan pendekatan keperilakuan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel