google-site-verification: google736cbd8d4990f308.html

Pengertian Bisnis, Tujuan Bisnis dan Pihak Pemegang Kepentingan Dalam Bisnis

Pengertian Bisnis, Tujuan Bisnis  dan Pihak Pemegang Kepentingan Dalam Bisnis

Pengertian Bisnis

Ada beberapa pengertian bisnis menurut para ahli yaitu:

·         Menurut Kasmir dan Jakfar bisnis adalah usaha yang dijalankan yang tujuan utamanya adalah keuntungan.  
·         Menurut Raymond E Glos yang dikutip oleh Umar  dalam bukunya yang  berjudul “Business : its nature and environment : An Introduction” yang dikutip oleh Umar, bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.
·         Menurut Grififin dan Ebert , bisnis adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa dengan maksud mendapatkan laba.
·         Dari pengertian diatas, dapat penulis menyimpulkan bisnis adalah kegiatan sebuah  organisasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menciptaka barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.

Kegiatan bisnis merupakan proses kegiatan oleh individu atau kelompok melalui proses penciptaan, pertukaran kebutuhan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan khususnya secara finansial. Organisasi bisnis merupakan suatu system yang terdiri berbagai subsistem yang terdiri dari input, proses, dan output. Organisasi bisnis juga tidak dapat dipisahkan dari sistem yang lebih besar yang berupa sistem ekonomi yang berkembang yang secara langsung ataupun tidak langsung berpengaruh terhadap organisasi bisnis.

Dalam organisasi bisnis terdapat stakeholder yaitu pihak-pihak yang secara langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan suatu organisasi. Stakeholder primer merupakan pihak -pihak yang secara langsung dipengaruhi oleh kebijakan, ataupun aktivitas organisasi. Sedangkan stakeholder sekunder merupakan pihak-pihak yang tidak secara langsung terpengaruh kegiatan organisasi.


Pemegang Kepentingan Utama Dalam Bisnis
Ada beberapa pihak yang memegang kepentingan dalam kegiatan bisnis yaitu:

1.    Pemilik
·      Wiraswasta (entrepreneuradalah orang yang mengorganisasi, mengelola, dan mengasumsi resiko yang dihadapi untuk memulai bisnis.
·      Pemegang saham (shareholder / stockholder). Saham adalah sertifikat kepemilikan suatu perusahaan, Pemegang saham adalah seseorang yang secara sah memiliki satu atau lebih saham pada perusahaan.
·      Pihak-pihak yang menyediakan dana sehingga kegiatan operasional dan aktivitas organisasi dapat berjalan dengan lancar.
2.    Manejer
Orang -orang yang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan dan mengelola organisasi bisnis sehingga akan mencapai tujuan yang direncanakan oleh pemilik modal.
3.    Tenaga Kerja
Merupakan pengelola proses produksi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen akan produk yang berkualitas.
4.    Pemasok
Penyedia bahan baku dan mengantarkannya tepat waktu untuk keberlangsungan proses produksi dalam kegiatan bisnis
5.    Pelanggan
Konsumen merupakan pengguna produk yang dihasilkan oleh organisasi bisnis. Konsumen merupakan kelompok potensial yang akan menggunakan produk atauun jasa yang ditawarkan oleh organisasi bisnis.

Tujuan Bisnis
Ada beberapa tujuan yang biasanya ingin dicapai suatu organisasi bisnis, yaitu:
·      Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen
Contohnya produk sepeda motor untuk sarana transportasi yang mudah dan fleksibel
·      Keuntungan usaha
Semua organisasi bisnis menginginkan keuntungan secara finansial atas usah yang mereka lakukan.
·      Pertumbuhan dan perkembangan yang berkelanjutan
Contoh organisasi bisnis dengna tujuan ini adalah PT Perhutani yang melakukan Reboisasi dan penghijauan untuk kelestarian usaha dimasa datang
·      Mengatasi berbagai risiko
Contoh usaha ini adalah biro jasa keamanan, lembaga asuransi
·      Tanggung jawab sosial
Banyak usaha yang mulai peduli terhadap lingkungan sosial selain mengejar keuntungan. Contohnya produk mobil ramah lingkungan, produk plastik daur ulang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel