Tutorial Microsoft Word: Pegenalan icon-icon pada menu bar Home bagian 1 ( Font, font size, bold, italic, underline, X2, X2. Dan font Color)


Tutorial Microsoft Word: Pegenalan icon-icon pada menu bar Home bagian 1 ( Font, font size, bold, italic, underline, X2, X2. Dan font Color)
Microsoft office word adalah aplikasi yang diciptakan oleh microsoft corporation untuk mengolah kata yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam mengerjakan tugas tugas yang berhubungan dengan kantor, pendidikan dan lebih luas lagi. Microsoft word tidak dapat dari kegiatan yang berhubungan dengan tulis menulis.

Diera digital atau sering dikenal dengan era evolusi industri 4.0 setiap manusia diharuskan menguasai ini ilmu aplikasi ini. Hal ini sangat penting karena jika orang ingin bekerja dikantor atau dimanapun aplikasi ini selalu dibutuhkan dan digunakan.

Tentunya setiap komputer yang menggunakan sistem operasi windows tidak terpisahkan dari microsoft word, karena komputer atau leptop tidak akan lengkap fungsinya tanpa adanya aplikasi ini.
Dengan tutorial dan materi ini semoga dapat memberikan wawasan kepada pembaca.

Berikut pengenalan icon icon penting di menu bar Home pada microsoft word yang penting dan sering digunakan dalam penulisan atau pengetikan.
  • ·         Font

Dalam microsoft word  icon font digunakan untuk mengatur jenis huruf yang ingin digunakan. Jika anda ingin menggunakan icon ini maka cukup mengarahkan kursor di icon font lalu memilih jenis font yang ingin digunakan atau bisa menggunakan fungsi CTRL +SHIFT +F pada keybord.

Dalam penulisan makalah, surat, tesis, skripsi dan karya karya tulis yang lain font yang paling sering digunakan antara lain: Times New Roman, Calibri, dan camria
  • ·         Font Size

Icon Font size digunakan untuk mengatur ukuran huruf. Icon font size terletak disamping kanan icon font. Untuk menggunakannya cukup mengarahkan kursor kursor pada icon ini. Atau menggunaka fungsi keybord CTRL + SHIFT+ P pada keybord.
  • ·         Fungsi Bold, Italic, dan Underline

Fungsi icon bold pada microsoft word berguna untuk menebalkan huruf, kata dan  kalimat pada tulisan. Menu bolt pada microsoft word biasanya dilambangkan dengan hurup “B” dibawah icon font. Cara menggunakan menu bold yaitu melakukan blok pada tulisan yang ingin di bold, lalu mengarahkan kursor kearah icon Bold atau dengan menggunakan cara cepat yaitu menggunakan fungsi CTRL+B pada keybord

Icon Italic berfungsi untuk membuat tulisa bercetak miring pada tulisan. Dan biasanya icon Italic dilambangkan dengan huruf “I”. Cara menggunakan menu ini sangat mudah yaitu cukup memblok tulisan yang ingin dicetak miringkan, lalu mengarahkan kursor pada icon Italic. Atau menggunakan fungsi keybord yaitu CTRL + I.

Icon Underline atau biasa disimbolkan dengan U pada microsoft digunakan untuk memberikan garis bawah pada kalimat, huruf atau kata pada tulisan. Cara menggunakan icon ini yaitu melakukan blok pada huruf atau kalimat yang ingin di garis bawahi, lalu arahkan kursor pada icon underline dan klik atau cukup menggunakan fungsi CTRL + U pada keybord.
  • ·         Icon pangkat X2 dan ­icon X­2

Icon ini sangat penting dalam penulisan rumus pada microsoft word, misalkan menulis senyawa kimia, aljabar dan rumus rumus lainnya. Icon X2 digunakan dalam penulisan variabel, senyawa dan lainya. Cara cepat menggunakan icon ini cukup mengklik icon atau mengaktifkannya dengan fungsi CRTL + (+) + =, lalu tulis yang ingin ditulis.

Untuk icon X2 digunakan untuk menulis pangkat atau biasa digunakan dalam penulisan variabel. Cara menggunakan icon X2 sama seperti icon X2. Untuk menggunakan fungsi keybordnya maka cukup mengklik CTRL + SHIFT + (+).
  • ·         Font Color

Font color berguna untuk mengatur penggunaan warna huruf pada Microsoft word. Cara menggunakan yaitu melakukan blok pada huruf yang ingin diganti warnanya, lalu klik icon font color pada word.

Demikian tutorial yang part 1 , silahkan baca tutorial bagian kedua, dan jangan lupa berikan komentar dan saran untuk tutorial selanjutnya



0 Response to "Tutorial Microsoft Word: Pegenalan icon-icon pada menu bar Home bagian 1 ( Font, font size, bold, italic, underline, X2, X2. Dan font Color)"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel