google-site-verification: google736cbd8d4990f308.html

Manajemen: Fungsi Fungsi Manajemen


Fungsi Fungsi Manajemen

Fungsi Manajemen menyangkut berbagai jenis kegiatan dan aktivitas manajemen yang berkaitan dengan pencapaian tujuan  yang telah ditetapkan sebelumnya. Fungsi manajemen merupakan elemen elemen dasar yang melekat pada aktivitas manajemen yang dijadikan acuan oleh manejer dalam dalam  melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

Secara umum terdapat empat fungsi manajemen yang diserap dari beberapa para ahli:

Perencanaan (Planning)

Perencanaan (Planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber daya yang dimiliki serta tujuan dari pekerjaan tersebut. Dalam perusahaan perencanaan digunakan untuk merencanakan tujuan perusahaan secara komprehensif (menyeluruh). Perencanaan merupakan proses terpenting  dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi fungsi lainnya tidak akan terlaksana dengan baik.

Pengorganisasian (organizing)

Pengorganisasian (organizing) adalah  proses pembagian kerja  yang dilakukan dalam organisasi menjadi  kelompok kelompok tertentu. Pengorganisasian mempermudah manejer dalam melakukan pengawasan dan menentukan  orang yang dibutuhkan untuk  melasksanakan tugas tugas yang telah dibagi bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan  dengan cara menentukan tugas  apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas tugas tersebut dikelompokan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas, pada tingkat mana keputusan harus diambil.

Actuating (menggerakan)

Actuating (menggerakan) artinya menggeraka sumber daya dalam organisasi agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif.

Pengawasan (Controling)

Pengawasan dilakukan di dalam organisasi agar orang orang yang bekerja dalam organisasi. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan pekerjaan tidak keluar dari tujuan organisasi


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel