google-site-verification: google736cbd8d4990f308.html

Perbedaan Anggaran dan penganggaran



Dalam Pengelolaan perusahaan, manajemen menetapkan tujuan (goals) dan sasaran (objektives)  dan kemudian membuat rencana kegiatan untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut. Secara umum manajemen dapat diartikan sebagai suatu proses yang terdiri dari perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengendalian (controlling).

Dari keempat fungsi tersebut, maka planning merupakan fungsi yang memegang peranan yang sangat penting karena merupakan dasar  bagi pelaksanaan fungsi fungsi lain.

Perbedaan Anggaran dan Penganggaran

Definisi Anggaran

·         Menurut RA Supriyono

Anggaran adalah suatu rencana terinci yang dinyatakan secara formal dalam ukuran kuantitatif, biasanya dinyatakan dalam satuan uang, untuk perolehan dan penggunaan sumber sumber suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu, misalnya satu tahun.

·         Menurut Gunawan Adisaputro

Anggaran adalah suatu pendekatan formal dan sistematis daripada pelaksanaan tanggung jawab manajemen dalam perencanaan, koordinasi, dan pengawasan.

·         Menurut Glenn A. Wealsch

Comprehensive profit planning and control is defined as a systematic and formalized approach for performing significant phases of management planning and control functions. (intinya: Anggaran bersifat Formal, sistematis, tanggung jawab, dan manajemen)

·       Dari ketiga Definisi diatas dapat disimpulkan bahwa Anggaran adalah Produk yang dihasilkan dari kegiatan penganggaran yang dilakukan dengan perencanaan yang secara sistematis, forma dan dilaksanakan dengan tanggung  agara tujuan dari dari perusahaan tecapai.

Definisi Penganggaran

·  Definisi Penganggaran (budgeting) adalah suatu Proses tahap persiapan penyusunan rencana, perencanaan berbagai informasi yang diperlukan, pembagian tugas perencanaan, penyusunan rencana, implementasi dari rencana tersebut hingga pada tahap pengawasan. Produk dari penganggaran adalah anggaran (Budget)

0 Response to "Perbedaan Anggaran dan penganggaran"

Post a comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel