Pengertian Inovasi Secara umum dan Menurut Ahli

Pengertian Inovasi


Pengertian Inovasi Secara umum dan Menurut Ahli

Pengertian inovasi pada dasarnya dapat dicari cikal bakalnya dari ajaran agama. Dalam ajaran agama, setiap manusia diminta  untuk selalu berinovasi dalam menjalankan kehidupan sehari hari. Inti dari ajaran tersebut adalah sebagai berikut.

Kalau hari ini sama dengan hari kemarin, maka kamu akan menjadi orang merugi. Kalau hari ini lebih baik dari kemarin, kamu adalah orang yang beruntung. Tetapi kalau hari ini lebih buruk dari kemarin, maka celakala kamu” (Hadist Nabi Muhammad)

Secara ilmiah, beberapa definisi inovasi dapat diliat sebagai berikut:

·        Menurut Rosabeth Moss Kanter (1986)

Inovasi adalah sebuah hasil karya pemikiran baru yang diterapkan dalam kehidupan manusia

·        Menurut Amabile & Conti (1999),

Inovasi adalah implementasi dan adopsi pemikiran baru oleh individu dalam perusahaan.

·        Menurut West & Farr (1990)

Mendefinisikan inovasi  the intentional introduction and application within a role, group or orgazation of ideas, processes, products or procedurs, new to the relevant unit of adaption, designed to significantly benefit the individual, the group, organization or wider society
Pengenalan dan penerapan dengan sengaja gagasan, proses, produk, dan prosedur baru pada unit yang menerapkannya, yang dirancang  untuk memberikan keuntungan bagi individu kelompok, organisasi dan masyarakat luas.

·     Menurut Hamel (2000)

Inovasi adalah peralihan dari prinsip prinsip, proses dan praktik praktik manajemen tradisional atau pergeseran dari bentuk oragnisasi yang lama yang memberi pengaruh yang sangat signifikan terhadap cara sebuah manajemen dijalankan


  • Menurut Ensiklopedia Bisnis
Inovasia adalah Proses penerjemahan ide kedalam bentuk sebuah produk atau layanan yang akan dibeli orang, atau suatu yang dihasilkan dari proses tersebut.

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah suatu proses memikirkan dan mengimplementasikan pemikiran tersebut, sehingga menghasilkan hal baru berbentuk produk, jasa, proses bisnis, cara baru, kebijakan dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel