google-site-verification: google736cbd8d4990f308.html

Cara Menghitung Biaya Investasi (initial investment) dan Sumber Dana Investasi


Menghitung biaya investasi (initial investment) merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam evaluasi kelayakan investasi. Dalam menghitung berapa biaya investasi maka perusahaan harus menghirung seluruh komponen investasi atau seluruh komponen dalam perolehan barang modal. Contoh investasi pembelian mesin, maka total biaya investasi akan terdiri dari:

Cara Menghitung Biaya Investasi (initial investment) dan Sumber Dana Investasi

Begitu juga untuk contoh pembangunan pabrik, maka seluruh komponen biaya investasi harus diperhitungkan seperti berikut ini:

Cara Menghitung Biaya Investasi (initial investment) dan Sumber Dana Investasi

Perusahaan harus menentukan sumber dana yang akan digunakan dalam memenuhi biaya investasi yang telah ditetapkan.

Beberapa sumber dana yang dapat digunakan dalam kegiatan investasi diantaranya:

  •        Modal sendiri (Stockholder's equity). Perusahaan  bisa menerbitkan saham baru dalam memperoleh dana yang akan digunakan untuk investasi tersebut. Bagi perusahaan kecil, pemenuhan dana modal sendiri bisa dalam bentuk setoran modal dari pemilik.
  •   Pinjaman (Long-term Debt). Perusahaan bisa membiayai investasinya dengan menggunakan utang jangka panjang. Bentuk instrumen utang yang dapat digunakan diantaranya adalah: Penerbitan obligasi (bonel) atau kredit investasi (investment loan) dari lembaga pembiayaan atau bank.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel