google-site-verification: google736cbd8d4990f308.html

Latar Belakang, Tujuan dan Manfaat Menciptakan Usaha Bisnis (perusahaan) bagi pemilik usaha, masyarakat dan pemerintah

Latar Belakang, Tujuan dan Manfaat Menciptakan Usaha Bisnis (perusahaan) bagi pemilik usaha, masyarakat dan pemerintah
Suatu kegiatan usaha (bisnis) yang dijalankan oleh suatu perusahaan, tentulah memiliki beberapa. Tujuan pendirian dapat dirasakan oleh pemilik, masyarakat dan pemerintah.

 Tujuan yang ingin dicapai oleh pemilik dan manajemen.

1)    Pemilik perusahaan  menginginkan keuntungan yang optimal atas usaha yang dijalankan. Mengapa?  Karena setiap pemilik menginginkan modal yang telah ditanamkan dalam usahanya segera cepat  kembali. Disamping itu pemilik juga mengharapkan  adanya hasil atas modal yang ditanamkannya sehingga mampu memberikan tambahan modal (investasi baru) dan kemakmuran bagi pemilik dan seluruh karyawannya.

Baca juga: Materi Seputar Manajemen

2)   Pemilik menginginkan bahwa usaha yang dijalankan nantinya tidak hanya untuk satu periode kegiatan saja. Artinya pemilik menginginkan usaha yang dijalankan memiliki umur yang panjang untuk beberapa periode ke depan dan bukan seumur jagung. Bahkan bila perlu pemilik menginginkan perusahaannya hidup sampai beberapa turunan.

3)  Perusahaan tetap mampu untuk menghasilkan atau menyediakan berbagai jenis barang dan jasa untuk kepentingan masyarakat umum. Tersedianya barang dan jasa juga berarti mampu memberikan kemakmuran bagi masyarakat, tentu saja kemakmuran bagi pemilik usaha. Bagi pemerintah, jika produk yang dihasilkan dapat diekspor, akan diperoleh devisa sebaliknya, pemerintah dapat menghemat devisa jika dapat menanggulangi atau mengganti produk yang semula masih diimpor.

4)   Keempat usaha yang dijalankan akan dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat, baik yang berada dalam lingkungan perusahaan (yang bekerja dalam perusahaan) maupun lingkungan luar perusahaan (pabrik).


Agar tujuan tersebut dapat dicapai, manajemen perusahaan  harus mampu membuat perencanaan  yang tepat dan akurat. Kemudian pelaksanaan dilapangan harus dilakukan secara baik dan benar sesuai dengan rencana yang telah disusun.

Di samping itu, manajemen harus mampu mengawasi dan mengendalikan kegiatan usaha yang dijalankan apabila terjadi penyimpangan.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel