google-site-verification=g0K1JbbQniujHA0zKBw8OsIVck78u9C4Ik9jSnUtiDY Pokok Permasalahan dan Persoalan aktivittas Ekonomi - Calonmanejer.com

Pokok Permasalahan dan Persoalan aktivittas Ekonomi

Pokok Permasalahan dan Persoalan aktivittas Ekonomi
Untuk mengerti pokok permasalahan ekonomi, kita harus berpangkal dari dua  kenyataan itu:
  • Untuk dapat hidup layak , kita  membutuhkan serta menginginkan bermacam macam hal : Makanan, minuman, pakaian, rumah, obat,pendidikan dan lain lain.
  • Kebutuhan manusia banyak dan beraneka ragam sifat nya. Apalagi  keinginan  boleh dibilang  tak ada batasnya. Tetapi sumber sumber, saran atau alat alat yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan yang banyak itu terbatas atau langkah.
Dari kedua kenyataan pokok tersebut timbullah pokok persoalan ekonomi yaitu :
  • Bagaimana dengan sumber sumber yang terbatas orang dapat memenuhi kebutuhan- kebutuhan hidupnya yang banyak dan beraneka ragam itu. Untuk menghadapi persoalan itulah, maka timbul kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi,dan konsumsi yang diatur oleh suatu cara berpikir dan cara bertindak yang di sebut ekonomis atau prinsip ekonomi
  • Kebutuhan Manusia Banyak dan Beraneka ragam

Para Ahli ekonomi biasanya tidak mempersoalkan mengapa manusia mempunyai kebutuhan atau keinginan tertentu. Hal itu diserahkan kepada para ahli psikologi sosiologi. Namun demikian, pengertian akan jenis jenis kebutuhan perlu  untuk dapat mengerti perilaku orang dan banyak gejala dalam  dunia ekonomi modern.

Penggolongan Kebutuhan Manusia dibagi menjadi tiga yaitu
  • Kebutuhan pokok dan sosio budaya   yaitu
  • Kebutuhan pokok atau kebutuhan dasar  ialah kebutuhan yang minimal harus dipenuhi untuk dapat hidup sebagai layaknya manusia.
  • Kebutuhan sosio budaya berkaitan erat dengan factor lingkungan hidup dan tradisi masyarakat serta dengan sifat sifat psikologis manusia.
  • Kebutuhan Individual dan Kebutuhan Bersama yaitu meliputi :
  • Kebutuhan individual mencakup hal hal yang di peruntukan bagi perorangan, seperti makanan, pakaian, dan kendaraan.Tetapi ada juga hal hal  yang dibutuhkan oleh sekelompok manusia bersama seperti: oleh masyarakat desa dan kota, atau oleh masyarakat sebagai keseluruhan, misalnya, keamanan, jalan, jembatan dll.
  • Kebutuhan sekarang (jangka pendek) dan Kebutuhan masa depan (jangka panjang). Pembagian ini atas dasar waktu, yaitu kapan sesuatu akan dibutuhkan. Ada kebutuhan jangka pendek yang tidak dapat ditunda, misalnya obat untuk orang sakit, pakaian untuk sekolah, uang untuk kuliah. Dan ada juga hal hal yang dibutuhkan pada waktu yang akan datang, baik jangka pendek maupun jangka panjang misalnya pendidikan reboisasi dan lain lain.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel