Pengertian Organisasi Secara Umum dan Menurut Beberapa Ahli

Pengertian organisasi

Organisasi: Pengertian Secara Umum dan Menurut Beberapa Ahli




Organisasi pada dasarnya merupakan sarana untuk mencapai tujuan melalui fungsi fungsi manajerial yang dilakukan oleh seorang pimpinan. Dengan Demikian jelas bahwa keberhasilan pencapaian sebuah tujuan  sangat ditentukan oleh organisasi itu sendiri terutama oleh struktur  yang dianutnya.

Berikut beberapa definisi organisasi:

·         Edgar H. Schein (2004)

Mendefinisikan  organisasi sebagai bentuk koordinasi yang bersifat rasional yang dilakukan oleh sejumlah orang demi mencapai sejumlah  tujuan yang jelas melalui pembagian kerja dan fungsi, dan melalui suatu hierarki otoritas dan pertanggungjawaban

·         Talcott Parsons (1975)

Berupaya  membedakan organisasi dengan system social lainnya karena organisasi memiliki sifat  formal dan beriorentasi pada pencapaian suatu tujuan.

·         Richard L. Daft (2010)

Mendefinisikan organisasi sebagai entitas social yang diatur oleh tujuan yang didesain secara sengaja berupa system aktivitas yang terstruktur dan terkoordinasi dan berhubungan dengan  lingkungan eksternalnya.

·         Stephen Robbins dan Mary Mathew (2009)

Mendefinisikan organisasi sebagai entitas social yang terkoordinasi secara sadar, dengan batasan batasan yang relative dapat dikenali, yang berfungsi secara terus menerus dengan dasarnya yaitu untuk mencapai tujuan bersama atau seperangkat tujuan.

Menurut mereka, Kata” dikoordinasi secara sadar” merujuk pada manajemen dan “entitas social” merujuk pada unit (organisasi) yang terdiri atas orang atau kelompok orang yang saling berinteraksi satu sama lain.

Pola interaksi yang dilakukan sejumlah orang didalam organisasi tidak muncul begitu saja melainkan telah disusun sedemikian rupa. Karena fungsi organisasi adalah entitas social, maka pola pola interaksi di antara para anggota harus seimbang dan harmonis guna meminimalisiir  “keberlebihan” disamping juga memastikan bahwa tugas tugas tertentu dapat terselesaikan.

·         Caech Jones dan Mary Mathew (2009)

Mendefinisikan organisasi sebagai alat yang digunakan oleh orang dalam mengkoordinasikan tindakan tindakan mereka guna memenuhi sesuatu yang mereka harapkan atau hargai, yaitu mencapai tujuan.

·         James D. Mooney (1974)

Mendefinisikan organisasi sebagai bentuk perserikatan orang orang untul mencapai suatu tujuan bersama.

·         John D.Millet (1954)

Mendefinisikan organisasi sebagai kerangka struktur dimana pekerjaan dari beberapa orang diselenggarakan untuk mewujudkan suatu tujuan bersama.

·         Herbert A. Simon

Mendefinikan organisasi sebagai pola komunikasi yang lengkap dan hubungan hubungan lain di dalam suatu kelompok orang orang.

Demikian penjelasan saya mengenai Pengertian oraganisasi menurut para ahli (buku Organisasi dan Kepemimpinan Modern),  semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

  

0 Response to "Pengertian Organisasi Secara Umum dan Menurut Beberapa Ahli"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel