Manajemen Keuangan: Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli, fungsi, Ruang Lingkup dan Tujuan Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan: Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli, fungsi, Ruang Lingkup dan Tujuan Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan Secara Umum

Secara umum manajemen keuangan adalah seni dan ilmu yang berhubungan dengan proses perencanaan, pengaturan dan pengawasan serta pelaksaksaan aktivitas aktivitas keuangan yang mencakup investasi, pendanaan sampai pada pengeloaan kekayaan sehingga sumber daya yang dimiliki dapat digunakan secara tepat ddan sesuai dengan tujuan yang diharapakan

Pengertian Manjemen Keuangan Menurut Ahli

·        Menurut James C. Van Horne, Mendefinisikan Manajemen keuangan adalah  segala aktivitas yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan, dan pengelolaan aktiva dengan beberaa tujuan menyeluruh.

·        Menurut Brigham  mengatakan Manajemen Keuangan adalah seni (art)dan Ilmu (science), untuk memenage uang, yang meliputi Proses, institusi/ lembaga, pasar, dan instrument yang terlibat dengan  masalah transfer uang antara individu, bisnis, dan pemerintah.

·        Menurut Weston dan Copeland Manajemen keuangan dapat didefinisikan dari tugas dan tanggung jawab manajer keuangan. Meskipun tugas dan tanggung jawabnya berlainan di setiap perusahaan, tugas pokok manajemen keuangan antara lain meliputi : keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian dividen suatu perusahaan.
·        Manajemen keuangan menurut Sundjaja dan Barlian menjelaskan bahwa manajemen keuangan ialah Manajemen yang berhubungan dengan tugas sebagai manajer keuangan dalam suatu perusahaan bisnis. Manajer keuangan secara aktif mengelola urusan keuangan dari berbagai jenis usaha, yang berkaitan dengan keuangan atau non keuangan, pribadi atau publik, besar atau kecil, profit atau non profit.

Dari pengertian diatas dapat d isimpulkan bahwa  aktivitas manajemne berkaitan  erat dengan pengelolaan keuangan perusahaan, teraksud lembaga  yang berhubungan erat dengan sumber pendanaan dan investadi keungan perusahaan  serta  instumen keuangan.

Tujuan dan Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Tujuan Manajemen Keuangan Menurut Martono dan Harjito (2008) ada 3 Tujuan utama dalam manajemen keuangan, anatara lain sebagai berikut :

·        Keputusan Investasi

Keputusan investasi merupakan keputusan terhadap aktiva apa yang akan dikelola oleh perusahaan. Keputusan investasi merupakan keputusan yang paling penting karena keputusan investasi ini berpengaruh secara langsung terhadap besarnya laba investasi dan aliran kas perusahaan untuk waktu-waktu yang akan datang.

·        Keputusan Pendanaan

Keputusan pendanaan menyangkut tentang sumber-sumber dana yang berada di sisi aktiva. Ada beberapa hal mengenai keputusan pendanaan, yaitu keputusan mengenai penetapan sumber dana yang diperlukan untuk membiayai investasi, dan penetapan tentang perimbangan pembelanjaan yang terbaik atau sering disebut struktur modal yang optimum.

·        Keputusan Pengelolaan Aktiva

Apabila aset telah diperoleh dengan pendanaan yang tepat, maka aset-aset tersebut memerlukan pengelolaan secara efisien. Manajer keuangan bersama manajer-manajer lain diperusahaan bertanggung jawab terhadap berbagai tingkatan dari aset-aset yang ada. Tanggung jawab tersebut menuntut manajer keuangan lebih memperhatikan pengelolaan aktiva lancar daripada aktiva tetap. Manajer keuangan yang konservatif akan mengalokasikan dananya sesuai dengan jangka waktu aset yang didanai.

Dalam praktiknya kita mengenal bahwa bidang keuangan dalam kajian manajemen keuangan dibagi menjadi dua macam yaitu:


·        Financial service  Yaitu  merupakan bidang keuangan  yang berhubungan dengan pembuatan desain dan konsultasi  produk financial baik  kepada individu  (perorangan), Bisnis (dunia Usaha) dan pemerintah.

Hal ini berkaitan dengan:

§  Loan Officers

§  Pialang

§  Konsultan keuangan


·        Managerial Finance, Merupakan kegiatan yang berhubungan dengan tugas tugas  manajer keuangan  diperusahaan aktif dalam mengelola keuangan perusahaan seperti:

§  Menyusun Budget

§  Peramalan Keuangan

§  Manajemen kas

§  Admitrasi Kredit

§  Mencari dana

§  Melakukan investasi

Fungsi Manajemen Keuangan

Fungsi dari manajemen keuangan adalah sebagai berikut:
·        Perencanaan Keuangan (Planning): Fungsi ini meliputi tentang perencanaan arus kas dan rugi laba.
·        Anggaran (Budgeting): Fungsi ini meliputih perencanaan menerima dan mengalokasikan anggarann biaya secara efisien dan memaksimalkan dana yang dimiliki.
·        Pengelolaan Keuangan: Fungsi manajemen keuangan dalam penggunaan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang sudah ada dengan berbagai cara.
·        Pencarian Keuangan: Manajemen keuangan mencari dan mengekspoitasi sumber dana yang sudah ada untuk operasional aktivitas perusahaan.
·        Penyimpanan Keuangan: Dana yang sudah terkumpul disimpan dan diamankan oleh manajemen keuangan.
·        Pengendalian Keuangan (Controlling): Fungsi ini adalah melaksanakan evaluasi dan juga memperbaiki atas keuangan dan sistem keuangan perusahaan.
·        Pemeriksaan Keuangan (Auditing): Fungsi ini manajemen keuangan dalam melaksanakan audit di internal terhadap keuangan perusahaan yang ada supaya sesuai dengan kaidah standar akuntansi dan tidak terjadi penyimpangan.
·        Pelaporan Keuangan (Reporting): Fungsi ini manajemen keuangan menyiapkan laporan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan dan analisa rasio laporan keuangan.

Tugas Pokok Manajemen Keuangan

Tugas pokok dari manajemen keuangan adalah sebagai berikut:
·        Memperoleh dana perusahaan: Mencari sumber dana baik bersumber dari investasi, modal pribadi maupun pinjaman dari bank untuk menunjang aktivitas perusahaan.
·        Menggunakan dana perusahaan: Mengelola dan mengontrol dana perusahaan agar berjalan secara efisien dan efektif.
·        Membagi keuangan atau laba perusahaan: memustuskan pembagian laba/ dividen kepada pemegang saham/pemilik modal.













1 Response to "Manajemen Keuangan: Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli, fungsi, Ruang Lingkup dan Tujuan Manajemen Keuangan"

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel