Pegertian Manajemen Secara Umum dan Menurut Para Ahli Secara Lengkap


Pegertian Manajemen Secara Umum dan Menurut Para Ahli Secara Lengkap
Apakah Manajemen itu? Banyak dari kita yang masih belum paham apa pengertian ilmu manajemen. Manajemen merupakan bagian dari ilmu ekonomi lebih tepatnya ekonomi mikro.
Sebenarnya manajemen itu sob, sering kita gunakan dalam kehidupan kita sehari hari, namun kita kurang menyadari hal tersebut ini diakibatkan dari kurang pahamnya kia dengan definisi dari manajemen tersebut.

Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu  kata to manage yang berarti mengatur, mengurus dan mengelola. Dengan Demikian, makna  manajemen mengandung unsure unsure kegiatan yang bersifat pengelolaan. 
Malayu S.P. Hasibuan menjelaskan   bahwa manajemen  dalam bahasa inggris to manage, artinya mengatur. Menurutnya pertanyaan yang muncul adalah  apa yang muncul, Mengapa harus Diatur, siapa mengatur,bagaimana Mengaturnya, dan di mana harus diatur?

Pertanyaan Pertanyaan tersebut menjelaskan bahwa objek pengelolaan manajemen. Oleh sebab itu, manajemen berkaitan dengan dengan proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan,  dan pengendalian yang ada di dalamnya  terdapat  upaya dari anggota organisasi  untuk mencapai tujuan  yang telah ditetapkan bersama, dengan sepenuhnya mengerahkan sumber daya  organisasi yang dimiliki.

Hasibuan menegaskan bahwa manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia secara efektif, yang di dukung oleh sumber sumber lainnya dalam suatu organisasi  untuk mencapai tujuan tertentu.

Dengan pengertian ini terdapat dua system yang harus selalu ada dalam manajemen, yaitu  system organisasi dan system organisasi.

Sistem organisasi adalah integritas berbagai kompenen yang saling mempengaruhi dan berperan menurut tugas dan fungsinya masing masing sekaligus terkait komponen- komponen administrative.
Ada beberapa Para ahli yang  memberikan definisi tentang  pengertian manajemen,sebagai berikut:

  • Menurut Mary Parker folletmanajemen merupakan suatu seni sebab dalam  melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain  dibutuhkan keterampilan khusus.
  • Menurut Horold Koontz dan Cyril O’Donnel, manajeme merupakan  usaha untuk mencapai  tujuan tertentu melalui orang lain
  • G.R.Terry mengatakan bahwa manajemen merupakan suatu proses khas  yang terdiri atas tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan,dan pengendalian yang dilakukan  untuk menentukan serta  serta mencapai sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.



penjelasan ini  saya  ambil dari buku Prof.Juhaya "filsafat manajemen Silahkan Sertakan Komentar atau kritik yang membangun untuk blog saya





0 Response to "Pegertian Manajemen Secara Umum dan Menurut Para Ahli Secara Lengkap"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan dan sesuai Pembahasan

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel